Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sempurna Mengatasi Kelinci Yang Sakit Pilek

Bagaimana cara mengatasi kelinci yang sakit pilek? Tahukah Anda kalau kelinci juga sanggup terkena pilek sama menyerupai manusia. Gejala-gejala dari penyakit ini yaitu hidung berair, dagunya berair dan berbau, serta mukanya tampak kusut. Nafsu makan kelinci tersebut pun akan menurun drastis dan nafasnya berbunyi menyerupai tersendat-sendat.

Penyebab utama penyakit pilek pada kelinci yakni basil Pasteurella multocida. Bakteri ini secara umum akan menyerang sistem pernapasan. Adapun istilah medis perihal penyakit pilek yang menyerang kelinci yaitu pasteurellosis. Sedangkan jikalau sudah mengganggu ke sistem pernapasan hingga mengakibatkan komplikasi kanal pernapasan kronik disebut CRD complex (Complicated Chronic Respiratory Disease).

Penyakit pilek termasuk wabah yang sangat berbahaya sebab sanggup menular ke kelinci lain dengan tempo yang relatif cepat. Bahkan jikalau tidak ditangani dengan benar, penyakit ini juga sanggup menular ke insan lho. Terjadinya perubahan cuaca secara ekstrim akan turut memperparah penyakit pilek ini. Kelinci yang dibiarkan sakit lama-kelamaan akan mengalami sesak nafas yang ahli hingga berujung ke kematian secara mendadak.

Bagaimana cara mengatasi kelinci yang sakit pilek Cara Tepat Mengatasi Kelinci yang Sakit Pilek

Pengobatan secara Alami

Kelinci yang sedang terkena pilek sanggup diobati memakai bahan-bahan alami. Anda cukup menyediakan jahe, gula jawa, dan air panas. Mulailah dengan memarut jahe. Kemudian larutkan gula jawa ke dalam air panas. Lalu masukkan parutan jahe ke dalam cairan gula jawa, aduk hingga tercampur rata. Diamkan sebentar hingga suhu ramuan ini menjadi normal. Barulah Anda sanggup memberikannya kepada kelinci setiap pagi dan sore hingga sembuh.

Obat untuk Kelinci Pilek

Pemberian antibiotik akan meningkatkan sistem imunitas di dalam badan kelinci untuk melawan penyakit pilek. Biasanya untuk pengobatan pada kasus penyakit yang masih ringan, Anda cukup memberikannya sekali saja. Namun bila penyakit sudah bertambah parah, berikan antibiotik kepada kelinci hingga sekitar 3-5 hari. Apabila dalam rentang waktu tersebut kelinci masih tampak sakit pilek, Anda sanggup memberikannya obat khusus, baik yang berbentuk serbuk maupun injeksi. Obat ini sanggup Anda dapatkan di toko hewan peliharaan.

Bagaimana kalau memakai obat buat insan untuk menyembuhkan kelinci yang sakit pilek? Sebenarnya obat pilek untuk insan sanggup juga dipakai untuk kelinci. Namun takaran dalam satu takaran itu terlalu banyak untuk kelinci. Sehingga dikhawatirkan jikalau Anda memperlihatkan obat tersebut, sistem imun kelinci tidak sanggup menerimanya dan kondisinya justru semakin lemas. Obat untuk insan ini hanya boleh diberikan kepada kelinci dalam kondisi yang mendesak. Dosisnya pun sangat sedikit dengan takaran obat maksimal sama menyerupai buat anak-anak.