Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Mengobati Kelinci Yang Kembung

Bagaimana caranya mengobati kelinci yang kembung? Ada beberapa penyebab yang sanggup menjadikan kelinci menjadi kembung. Di antaranya yaitu sumbangan pakan, kondisi stres, dan kelinci yang gres dipisah dari induknya. Dari ketiga faktor di atas, penyebab yang paling sering mengakibatkan gangguan sistem pencernaan pada kelinci yakni sumbangan pakan yang salah.

Perlu diketahui, proses fermentasi pada sistem pencernaan kelinci hanya terjadi di dalam usus besar. Jika pakan yang diberikan terlalu banyak mengandung serat, hasilnya kinerja usus besar akan melambat. Itulah kenapa, kelinci akan menderita kembung hingga terkena penyakit diare. Beberapa sayuran yang banyak mengandung serat misalnya kangkung, wortel, kubis, dan jagung manis. Pemberian pelet secara berlebihan juga sanggup menjadikan kembung.

Gangguan kembung paling banyak terjadi pada kelinci muda yang usianya sekitar 2-3 bulan. Pada rentang umur tersebut, nafsu makan kelinci biasanya akan meningkat tajam, apalagi kelinci yang sudah menginjak usia 3 bulan dan mengalami kematangan kelamin. Sebagai peternak, Anda harus bijak dalam mengatur pola makan pada kelinci-kelinci yang dibudidayakan biar tidak terjadi gangguan pada sistem pencernaannya.

Bagaimana caranya mengobati kelinci yang kembung Cara Jitu Mengobati Kelinci yang Kembung

Dengan kata lain sanggup disimpulkan bila kembung pada kelinci bukan disebabkan oleh basil atau protozoa sehingga Anda tidak memerlukan antibiotik khusus untuk menyembuhkannya. Kembung murni ditimbulkan lantaran sistem pencernaan yang tidak bekerja dengan baik. Penyebabnya yaitu pakan yang terlalu padat, tinggi serat, serta banyak mengandung karbohidrat, gula, dan kalsium. Namun bila tidak segera ditangani, gangguan ini sanggup menjadikan kematian secara mendadak.

Untuk sanggup mengatasi kelinci yang kembung, Anda perlu mendorong supaya kelinci melaksanakan BAB secepatnya. Caranya sanggup dikerjakan dengan memangku kelinci, kemudian mengurut perutnya memakai bawang putih secara perlahan-lahan selama 5 menit. Urutlah perut tersebut dari penggalan atas menuju penggalan ke bawah sehingga kotoran-kotoran di dalamnya sanggup terdorong ke luar. Setelah final mengurut, lepaskan kelinci tadi di sangkar umbaran. Jika kelinci belum mau BAB, lakukan pengurutan lagi.

Kelinci yang sedang dilanda kembung sebaiknya jangan diberikan masakan yang berat terlebih dahulu. Sebagai gantinya, Anda sanggup menunjukkan rumput kepada kelinci tadi. Kelinci yang tengah kembung biasanya masih mau memakan rumput. Jangan khawatir, kembung tidak akan menular ke kelinci-kelinci yang lain. Kecuali bila gangguan ini disertai dengan penyakit diare atau mencret, maka kelinci yang menderita harus dipindahkan ke sangkar karantina. Dibutuhkan ketelatenan yang sangat tinggi untuk merawat kelinci yang kembung alasannya untuk menyembuhkannya sanggup memakan waktu hingga 3-5 hari.