Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Pakan Alami Yang Anggun Untuk Kelinci

Apakah pakan alami yang manis untuk kelinci? Sebagai makhluk hidup, sejatinya kelinci membutuhkan kuliner untuk sanggup bertahan hidup. Kelinci ialah hewan herbivora. Kaprikornus sanggup dipastikan bila kelinci hanya mau mengonsumsi tumbuh-tumbuhan saja. Namun tidak semua sayur-mayur cocok untuk kelinci. Ada beberapa sayuran yang justru tidak baik untuk kelinci lantaran sanggup mengakibatkan penyakit.

Kita harus bersyukur tinggal di Indonesia alasannya tumbuhan sayur-sayuran tumbuh subur di negeri ini. Setiap hari ada aneka macam jenis sayuran yang dijual di pasar sehingga kita sanggup mendapatkannya dengan mudah. Sama mirip manusia, kelinci juga membutuhkan pakan yang bervariasi biar tidak merasa bosan dan kebutuhan gizinya terpenuhi. Dari sekian banyak sayuran, berikut ini delapan pilihan kami yang layak Anda berikan kepada kelinci. Sebagai tips suplemen ialah Anda wajib menjemur sayuran ini dari pagi hingga sore hari supaya kandungan airnya menyusut sebelum diberikan untuk kelinci.

Apakah pakan alami yang manis untuk kelinci 8 Pakan Alami yang Bagus untuk Kelinci

  1. Legetang

Legetang bahwasanya merupakan tumbuhan gulma yang kerap tumbuh di tanah kebun atau tegalan. Tanaman ini biasanya tumbuh subur di tanah yang telah dicangkul dan diberi pupuk kandang, apalagi bila ditanami jagung dan singkong. Bagian yang sanggup dimanfaatkan sebagai pakan kelinci ialah daunnya. Daun legetang merupakan pakan alami terbaik untuk kelinci lantaran tidak akan mengakibatkan problem apapun. Aromanya yang semerbak juga menciptakan kelinci menjadi lahap memakannya.

  1. Rambanan

Rambanan juga intinya termasuk tumbuhan gulma yang keberadaannya tidak diperlukan oleh para petani. Bentuknya mirip tumbuhan kacang-kacangan dan sering ditemukan tumbuh merambat di batang pepohonan. Rambanan merupakan pakan alami yang cukup manis untuk kelinci. Hal ini disebabkan oleh kadar air di dalamnya yang tidak terlalu banyak.

  1. Rumputan

Secara prinsip, kelinci sangat menyukai rumput. Namun ada beberapa jenis rumput yang berbahaya untuknya lantaran mempunyai duri, mengandung getah, teksturnya kasar, atau terlalu berserat. Jika Anda ingin memakai rumput, sebaiknya berikan rumput kepada kelinci hanya sekadar pakan selingan saja. Rumput-rumputan yang tumbuh di area persawahan biasanya lebih manis daripada rumput di kebun alasannya teksturnya lebih lembut.

  1. Pepaya

Selain sebagai makanan, daun pepaya juga mengandung manfaat kesehatan untuk mengobati kelinci yang tengah sakit. Daun ini manis sekali digunakan untuk meningkatkan nafsu makan kelinci serta mencegah terjadinya kelumpuhan. Daun pepaya banyak mengandung zat besi sehingga cocok sekali digunakan untuk mendukung pertumbuhan tulang pada kelinci dewasa yang masih berusia 1-3 bulan. Karena mengandung getah yang cukup banyak, pastikan Anda menjemur daun pepaya ini terlebih dahulu.

  1. Pisang

Kebanyakan kelinci doyan sekali memakan daun pisang. Tetapi lantaran menyimpan kadar air dan getah yang cukup banyak, usahakan Anda memakai daun pisang hanya sebagai pakai campuran. Daun pisang juga sanggup digunakan untuk mengobati kelinci yang tengah terjangkit penyakit diare/mencret. Kandungan seratnya yang cukup tinggi akan memulihkan kondisi sistem pencernaan kelinci.

  1. Ubi Jalar

Kelinci yang sedang tidak nafsu makan biasanya akan pribadi lahap dikala diberikan daun ubi jalar. Pastikan Anda menjemur daun ini terlebih dahulu supaya kadar air di dalamnya berkurang. Hal ini mengingat daun ubi jalar cukup banyak mengandung air. Anda pun sanggup memakai daun ubi jalar sebagai kuliner adonan dengan pelet.

  1. Kangkung

Jenis sayuran selanjutnya yang paling disukai oleh kelinci ialah kangkung. Bahkan para peternak kelinci pemula kerap menjadikan sayuran ini sebagai pakan utamanya. Padahal santunan kangkung secara rutin akan mengakibatkan air seni kelinci berbau tajam. Selain itu, kangkung juga menjadi salah satu penyebab utama penyakit diare pada kelinci. Kaprikornus sebaiknya Anda memakai kangkung sebagai pakan selingan dan wajib dijemur terlebih dahulu.

  1. Singkong

Daun singkong juga sanggup diberikan sebagai pakan untuk kelinci. Daun ini sanggup dengan gampang kita temukan di pasar dan harganya pun terbilang murah. Sayangnya daun singkong mempunyai tekstur yang garang serta seratnya pun terlalu tinggi. Anda sanggup mencampurkan daun singkong dengan kangkung atau ubi jalar alasannya kelinci tidak terlalu menyukainya.