Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Biar Burung Merpati Gampang Jinak

Butuh tips semoga burung merpati milik Anda simpel jinak? Burung merpati termasuk salah satu burung peliharaan yang paling banyak diminati. Jika dirawat dengan baik, burung ini dapat menjadi jinak. Kalau sudah begini, burung merpati tersebut akan lengket kepada sang pemilik sehingga tidak akan terbang pergi meninggalkan sarangnya meskipun dilepaskan.

Pada dasarnya, menjinakkan burung merpati tidak sesulit burung hantu. Bahkan burung ini termasuk salah satu burung yang paling simpel untuk dibentuk menjadi jinak. Buktinya yaitu tidak sedikit belum dewasa yang tertarik memelihara burung merpati dikala musimnya dan mereka berhasil menjinakkan burung ini. Jadi, Anda jangan hingga kalah dengan keterampilan yang dimiliki oleh belum dewasa tadi ya.

Butuh tips semoga burung merpati milik Anda simpel jinak Tips semoga Burung Merpati Praktis Jinak

Tentu saja, diharapkan trik-trik tertentu semoga burung merpati peliharaan simpel jinak. Di bawah ini kiat-kiat yang patut Anda coba :

  1. Mandikan Sampai Basah Kuyup

Burung merpati yang masih liar biasanya mempunyai sikap yang sangat emosional dan giras. Untuk meredamnya, Anda dapat memandikan burung tersebut hingga berair kuyup. Kalau perlu, Anda dapat mencelupkan seluruh badan burung ke dalam air selama 1-3 detik, kemudian diangkat. Lakukan gerakan ini berulang-ulang. Mandikanlah burung merpati Anda secara rutin minimal seminggu sekali.

  1. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Selesai dimandikan, burung merpati wajib dijemur di ruang terbuka semoga dapat mendapat sinar matahari langsung. Saat masih liar, Anda harus memasukkan burung-burung tersebut ke dalam kandang yang berjeruji supaya aman. Barulah sehabis dirasa agak jinak, Anda dapat mengeluarkan burung pejantan dan membiarkan burung betina tetap berada di dalam kandang selama proses penjemuran. Biasanya burung merpati jantan lebih simpel dijinakkan daripada betinanya.

  1. Carikan Merpati Pasangannya

Burung merpati harus mempunyai pasangan semoga ia dapat dijinakkan. Masing-masing dari burung tersebut wajib mempunyai pasangannya sendiri. Anda sebagai pemilik yang menentukan jodoh dari setiap burung merpati yang dipelihara. Mungkin pada awalnya, kedua burung yang akan dipasangkan akan tampak saling menolak satu sama lain. Namun tunggu saja selama beberapa hari, mereka niscaya akan terlihat lebih mesra. Setelah mempunyai pasangan, barulah burung merpati tersebut dapat dilatih untuk menjadi jinak.

  1. Bermain Sesering Mungkin

Siapa pun akan bersikap waspada terhadap orang asing, begitu pula dengan burung merpati peliharaan Anda. Biar mereka tidak menganggap Anda sebagai orang asing, bermainlah dengan mereka sesering mungkin. Anda dapat mencoba memegang burung tersebut dengan posisi yang nyaman. Berikan juga mereka pakan yang diletakkan di atas telapak tangan kita. Burung merpati yang sudah terbiasa dengan kehadiran Anda tidak akan merasa takut lagi.

  1. Gunakan Bantuan Merpati Lain

Khusus untuk burung merpati yang masih anakan, Anda dapat melatihnya secara lebih simpel dengan memakai proteksi burung merpati lain yang telah jinak. Syaratnya yaitu burung yang sudah jinak tersebut harus mau menjadi orang renta bimbing bagi burung yang masih piyik. Lambat laun, burung anakan yang masih liar akan mengikuti tingkah laris orang renta angkatnya yang begitu merasa nyaman di bersahabat Anda.