Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Ciri-Ciri Kelinci Sedang Birahi

Apakah ciri-ciri kelinci yang sedang birahi? Anda sanggup mencoba membudidayakan kelinci di rumah lantaran potensi manfaatnya sangatlah besar. Selain sebagai hewan peliharaan, pangsa pasar kelinci juga masih terbuka lebar untuk kebutuhan dagingnya. Dengan modal awal yang jauh lebih sedikit, Anda sanggup memperoleh keuntungan yang sama menyerupai beternak kambing atau sapi.

Keuntungan dalam beternak kelinci akan semakin berlipat ganda manakala kelinci-kelinci tersebut memiliki anak. Bayangkan berapa keuntungan yang sanggup diperoleh lantaran dalam setiap melahirkan, kelinci sanggup mengeluarkan anak hingga sebanyak 1-5 ekor. Namun tentu saja kelinci ini perlu melewati masa perkawinan terlebih dahulu. Barulah sehabis proses ini berjalan dengan sukses, kelinci tersebut akan hamil kemudian melahirkan.

Rata-rata kelinci telah siap untuk melaksanakan proses perkawinan pada dikala usianya mencapai 5-6 bulan. Hal ini tergantung pada ras kelinci tersebut serta kondisi lingkungannya. Jangan pernah mencoba mengawinkan kelinci yang belum arif balig cukup akal alasannya yaitu biasanya akan terjadi kekerasan di dalamnya. Apabila kelinci belum siap, sebaiknya Anda menunggu kurun waktu 7-10 hari sebelum mencobanya kembali. Jangan pernah melaksanakan pemaksaan!

 Anda sanggup mencoba membudidayakan kelinci di rumah lantaran potensi manfaatnya sangatlah  Inilah Ciri-ciri Kelinci Sedang Birahi

Kelinci yang telah siap melaksanakan proses perkawinan biasanya akan mengatakan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Kelinci Terlihat Gelisah

Kelinci yang tengah mengalami birahi yang tinggi biasanya akan mengatakan sikap yang amat gelisah. Kelinci tampak menyerupai tidak tenang, tidak mau diam, dan bergerak terus. Tujuannya yaitu mencari pasangan kelinci lain yang ideal menurutnya. Jika Anda melihat kelinci dengan tingkah laris menyerupai ini, sebaiknya pindahkan dulu kelinci tersebut di daerah khusus kemudian amati ciri-ciri yang lain. Bila memang kelinci ini sudah siap melaksanakan perkawinan, segera carikan pasangan yang sempurna untuknya.

  1. Kerap Menggosokkan Dagu

Tanda lain yang sanggup dicermati ialah kebiasaan kelinci yang sedang mengalami birahi akan sering menggosok-gosokkan dagunya. Entah itu ke benda-benda lain di sekitarnya atau pun ke badan kelinci lain yang ada di dekatnya. Frekuensinya juga cukup tinggi. Bila Anda menjumpai kelinci dengan sikap yang demikian, cek dulu apakah dagunya terkena penyakit atau tidak. Jika kondisinya bersih, kemungkinan besar kelinci tadi sedang mencari pasangannya alasannya yaitu sudah siap kawin.

  1. Cenderung Mendekati Lawan Jenis

Kelinci yang sedang birahi tidak hanya tampak gelisah, tetapi juga terus-menerus berusaha untuk mendekati lawan jenisnya. Misalnya untuk kelinci betina, kelinci tampak bergerak tidak terang untuk mencari pasangannya. Setelah ia melihat kelinci pejantan, kelinci tersebut lantas cenderung berusaha mendekati sangkar si jantan tadi. Tugas Anda kalau melihat bencana ini yaitu segera pindahkan kedua kelinci tersebut di sangkar yang sama biar terjadi proses perkawinan secara alami.

  1. Organ Kelamin Berwarna Merah

Kelinci yang sudah siap untuk dilakukan perkawinan juga sanggup dilihat dari rupa organ kelaminnya. Biasanya kelinci normal memiliki organ kelamin yang berwarna merah muda. Berbeda jikalau kondisi birahinya sedang tinggi, warna organ kelamin pada kelinci tersebut akan bermetamorfosis merah jambu hingga merah. Kelinci yang sudah mengatakan ciri-ciri ini perlu segera dikawinkan. Perlu diketahui, kematangan sel telur pada kelinci betina biasanya akan bertahan selama 2 minggu.