Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Menanam Oregano Di Pot

Bagaimana cara menanam oregano di pot? Oregano (Origanum vulgare) ialah tumbuhan bumbu yang termasuk dalam famili Lamiaceae di genus Origanum. Tanaman ini banyak dibudidayakan di daerah Asia Tengah dan Asia Selatan hingga Mediterania. Di habitat alaminya, tumbuhan oregano sanggup tumbuh hingga tingginya sekitar 20-80 cm. Oregano segar biasa digunakan sebagai bumbu penyedap untuk menciptakan pizza dan spaghetti.

Jenis tumbuhan oregano yang biasa digunakan untuk menyedapkan masakan ialah Origanum vulgare. Jenis ini mempunyai aroma yang sangat anyir dan tajam. Anda yang ingin menciptakan masakan ala Italia harus memakai oregano sebagai bumbu dasarnya. Oregano juga sanggup digunakan untuk menciptakan omelet telur, tumis sayur dan daging, serta saus. Citarasa yang dimiliki oleh oregano akan terasa semakin yummy jikalau dipadukan dengan thyme, parsley, olive oil, dan bawang bombay.

 ialah tumbuhan bumbu yang termasuk dalam famili Lamiaceae di genus Origanum Cara Praktis Menanam Oregano di Pot

Pada dasarnya, penanaman oregano itu cukup mudah. Apalagi tumbuhan ini pun cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Bahkan Anda juga sanggup menanam oregano di pot. Simak panduan selengkapnya dari kami berikut ini!

Alat dan Bahan :

  • Benih oregano
  • Pot
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Pasir halus
  • Pecahan genteng

Langkah-langkah :

  1. Siapkan benih oregano yang berstandar dan mempunyai kualitas yang tinggi. Anda sanggup membeli benih oregano di www.tokotanaman.com. Selain benih, Anda juga sanggup membeli bibit oregano dan oregano segar di toko online ini.
  2. Sembari menunggu benih oregano yang sudah dipesan datang, Anda sanggup menciptakan media tanam terlebih dahulu. Siapkan tanah, pupuk kandang, dan pasir halus dengan perbandingan 2:1:1. Kemudian aduklah bahan-bahan ini supaya tercampur rata. Jika tidak mau repot, Anda sanggup memakai media tanam berupa cocopeat.
  3. Ambil pot dari tanah yang berdiameter sekitar 20-30 cm. Masukkan beberapa pecahan genteng ke dalam pot tersebut sebagai penahan media tanam biar tidak gampang hanyut dibawa air. Lalu masukkan media tanam ke pot hingga memenuhi seluruh volumenya.
  4. Buat lubang tanam sebesar jari telunjuk Anda dengan jarak 3 x 3 cm hingga 5 x 5 cm. Usahakan lubang tersebut jangan terlalu dalam supaya benih oregano tetap sanggup mendapat sinar matahari untuk mendukung proses perkecambahannya. Setelah itu, tanamkan benih-benih oregano sebanyak 1 biji/lubang.
  5. Pot yang sudah berisi benih oregano kemudian diletakkan di tempat yang teduh dan sanggup mendapat sinar matahari secukupnya. Jangan menempatkan pot ini di ruangan yang terbuka lantaran air hujan yang jatuh ke pot akan merusak tumbuhan oregano yang notabene mempunyai batang yang lemah.
  6. Perawatan cukup dilakukan dengan menyiram tanaman setiap pagi hari. Pakailah botol spray untuk menyiram tumbuhan oregano supaya tekanan airnya tidak terlalu kuat. Arahkan air siraman ke media tanam, bukan ke tumbuhan oregano.
  7. Penyiangan perlu dikerjakan setiap dikala untuk menghilangkan tumbuhan gulma yang tumbuh di dalam pot. Anda sanggup membersihkan rumput ini secara manual dengan mencabutnya satu per satu.
  8. Sebulan sekali, media tanam juga perlu ditambahi pupuk sangkar supaya tingkat kesuburannya terjaga dengan baik. Anda juga sanggup menambahkan pupuk NPK untuk meningkatkan pertumbuhan tumbuhan oregano, terutama pada kepingan daunnya.