Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Zpt Organik Untuk Tanaman

Bagaimana caranya menciptakan ZPT organik untuk tanaman? ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) yakni substansi organik yang diproduksi secara alami oleh tanaman. Dalam konsentrasi yang rendah, ZPT bisa menghipnotis proses fisiologi tanaman. Terdapat beberapa ZPT antara lain auxin, gibberellin, dan cytokinin.

Salah satu manfaat ZPT yakni meningkatkan potensi hidup suatu benih tanaman secara signifikan. Sayangnya harga produk ZPT yang beredar di pasaran terbilang cukup mahal. Beruntung alasannya yakni ternyata ZPT juga bisa dibentuk dari bahan-bahan alami yang sanggup kita temukan dengan mudah. ZPT yang ibarat ini sangat sesuai untuk digunakan di dalam pertanian organik.

Bagaimana caranya menciptakan ZPT organik untuk tumbuhan Cara Membuat ZPT Organik untuk Tanaman

Di bawah ini langkah-langkah proses pembuatannya!

Bahan-bahan yang diharapkan :

  • Tauge, bekicot, atau keong mas digunakan untuk menciptakan auxin.
  • Biji jagung atau rebung digunakan untuk menciptakan gibberellin.
  • Air kelapa atau bonggol pisang digunakan untuk menciptakan cytokinin.
  • Mikro organisme pengurai yaitu EM4 atau MOL.
  • Air

Alat-alat yang digunakan :

  • Mesin blender
  • Saringan
  • Ember

Proses pembuatan :

  1. Tentukan apakah Anda ingin menciptakan ZPT yang berjenis auxin, gibberellin, atau cytokinin. Kemudian siapkan materi dasar untuk menciptakan ZPT tersebut sesuai dengan petunjuk di atas.
  2. Giling materi utama tadi memakai blender hingga benar-benar halus. Kemudian hasil dari penggilingan ini dicampurkan dengan air dengan perbandingan yang sama. Misalnya, kalau hasil gilingan tersebut sebanyak 1 liter maka air yang perlu dicampurkan pun harus 1 liter pula.
  3. Masukkan adonan tersebut ke dalam baskom yang cukup besar. Diamkan ZPT ini kurang lebih selama 10-15 hari biar terjadi proses fermentasi.
  4. Sebelum digunakan, ZPT ini wajib disaring terlebih dahulu untuk memisahkan air sari dari ampasnya. Kini ZPT yang bersifat organik buatan Anda sendiri pun siap digunakan.

Tahukah Anda?

Bawang merah merupakan ZPT alami yang memiliki khasiat paling berpengaruh di antara bahan-bahan yang lainnya. ZPT yang terbuat dari bawang merah ini bisa meningkatkan daya tumbuh serta merangsang pertumbuhan tunas tanaman. Untuk membuatnya, Anda tinggal mencampurkan 6-10 butir bawang merah yang telah dihancurkan dengan 1 liter air. Kemudian rendamlah benih tumbuhan ke dalam adonan ini selama 6-12 jam. Penerapan lainnya juga bisa dilakukan dengan menyemprotkan ZPT ini ke tumbuhan dengan takaran 200-400 ml.