Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Buat Menyuburkan Rumput Jepang

Bagaimana cara menyuburkan rumput jepang? Halaman rumah Anda sanggup ditanami rumput untuk membuat suasana yang asri. Salah satu jenis rumput yang manis untuk menghiasi lingkungan tersebut ialah rumput jepang. Kelebihan rumput ini antara lain perawatannya mudah, tingkat pertumbuhannya lambat, mempunyai sistem perakaran yang kuat, dan tahan dikala diinjak.

Biar tumbuhan rumput jepang di rumah Anda tetap terlihat hijau, Anda perlu memeliharanya secara rutin. Pastikan rumput tersebut telah mendapat nutrisi dan air yang cukup untuk mempertahankan kehidupannya. Rumput yang subur niscaya akan terlihat menyegarkan mata dan menghadirkan suasana yang menenangkan. Sebaliknya jikalau tidak, siap-siap saja rumput yang selama ini Anda jaga dengan baik akan menjelma kekuning-kuningan dan kesannya mati.

Bagaimana cara menyuburkan rumput jepang Cara Ampuh buat Menyuburkan Rumput Jepang

Berikut ini faktor-faktor yang perlu diperhatikan untuk menyuburkan rumput jepang :

  1. Pastikan Kebutuhan Airnya Terpenuhi

Air yaitu sumber kehidupan. Di Indonesia, air biasanya melimpah dikala trend penghujan sehingga kita tidak perlu menyiram tanaman. Di sisi lain, kala trend kemarau datang, hujan akan berhenti sehingga kandungan air di dalam tanah menurun drastis. Pada waktu inilah Anda wajib menyirami rumput jepang, baik dikala pagi maupun sore hari. Siramlah tumbuhan secukupnya dan jangan hingga berlebihan alasannya yaitu sanggup menjadikan akar rumput membusuk.

  1. Pemupukan untuk Menambah Zat Organik

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan. Begitu pula dengan rumput jepang. Rumput ini memerlukan pupuk yang kaya akan materi organik. Selain pupuk cair organik, Anda juga sanggup memakai pupuk NPK untuk mencerahkan warna hijau pada daun tanaman. Dosis pupuk NPK yang digunakan yaitu 100 gram/m2. Sebagai trik semoga penyebaran pupuk lebih merata, Anda sanggup mencampurkan NPK tersebut dengan pasir.

  1. Pemangkasan untuk Menyeragamkan Tingginya

Tingkat pertumbuhan rumput jepang dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor. Di antaranya air, unsur hara, sinar matahari, dan lain-lain. Karena perembesan yang dilakukan oleh setiap tumbuhan rumput jepang tidak sama, maka tingkat pertumbuhannya pun berbeda-beda. Akibatnya dalam jangka waktu yang usang akan terlihat rumput yang tumbuh sangat cepat, sedang, dan lambat. Kondisi ini menjadikan tinggi rumput tidak seragam sehingga tampak kurang indah. Solusinya yaitu memangkas rumput jepang ini paling tidak setiap 3 bulan sekali untuk mempertahankan tingginya sekitar 2,5-3 cm.

  1. Pembersihan dari Tanaman Pengganggu

Tanaman pengganggu atau lebih dikenal sebagai gulma yaitu segala jenis tumbuhan yang hidup di daerah yang tidak tepat. Jika tumbuhan ini dibiarkan, maka perembesan nutrisi yang dilakukan oleh tumbuhan budidaya akan terganggu. Oleh alasannya yaitu itu, semua gulma yang tumbuh di area taman harus dibasmi. Anda sanggup mencabutnya secara manual lantas memperabukan gulma-gulma yang sudah terkumpul semoga tidak menyebar lagi.

  1. Penyuntikan Media Tanam

Seiring berjalannya waktu, media tanam yang tadinya gembur akan menjelma padat dan liat. Akibatnya rumput-rumput yang hidup di atasnya pun akan mengalami kesulitan dalam mendapat air dan unsur hara. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda sanggup menyuntikkan pasir dan humus ke dalamnya. Adapun caranya ialah gunakan garpu taman untuk melubangi media tanam dengan jarak 10 x 3 cm dan kedalaman sekitar 5-10 cm. Setelah itu, taburkan adonan pasir dan humus di atasnya.