Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Merawat Flora Hias Di Pot

Bagaimana cara merawat tumbuhan hias supaya tumbuh subur? Adanya tumbuhan hias di pekarangan rumah bisa menciptakan suasananya terlihat lebih indah dan alami. Tidak peduli walaupun tumbuhan tersebut hanya tumbuh di salah satu sudut rumah saja, tetapi keuntungannya bisa dirasakan oleh seluruh penghuni rumah. Di antaranya sanggup menyegarkan pikiran, menyejukkan hati, menenangkan mata, serta merelaksasi diri.

Supaya tanaman-tanaman hias yang terdapat di pekarangan rumah Anda sanggup tumbuh subur, tentu saja Anda perlu senantiasa merawatnya secara rutin. Faktanya, bentuk perawatan tersebut wajib diubahsuaikan dengan karakteristik masing-masing tanaman. Ada tumbuhan yang sangat menyukai air, namun tidak sedikit pula tumbuhan hias yang justru akan mati jikalau mendapat air yang berlebihan.

Bagaimana cara merawat tumbuhan hias supaya tumbuh subur 10 Cara Merawat Tanaman Hias di Pot

Nah, biar semua tumbuhan peliharaan Anda bisa tumbuh dengan subur, silakan coba kiat-kiat sebagai berikut!

  1. Penyiraman

Setiap pot selalu mempunyai lubang di belahan bawahnya. Fungsi lubang tersebut yaitu sebagai jalan masuk air keluar sehingga media tanam pun tidak tergenangi air. Pada dikala Anda akan menyiram tanaman, usahakan supaya air yang Anda berikan sudah mencukupi kebutuhan tanaman. Tandanya ialah air tersebut sudah keluar dari lubang pot.

  1. Kelembaban

Kebanyakan tumbuhan hias membutuhkan tingkat kelembaban yang cukup. Untuk melihat apakah kelembaban udara sudah cukup atau belum, Anda bisa menyelidiki kondisi tumbuhan tersebut. Jika ditemukan belahan daun yang mengering atau terdapat bintik-bintik berwarna cokelat, Anda harus menambahkan tingkat kelembaban udaranya.

  1. Pencahayaan

Tidak semua flora bisa bertahan hidup di ruangan yang mempunyai pencahayaan minim. Beberapa flora tersebut akan tumbuh dengan baik di lingkungan yang terbuka untuk sanggup melangsungkan proses fotosintesis. Jika Anda ingin menaruh tumbuhan di dalam rumah, usahakan Anda mengeluarkannya sebentar ketika pagi hari.

  1. Kesuburan

Selain cahaya, udara, dan kelembaban, tumbuhan juga memerlukan materi organik sebagai makanannya. Pastikan Anda memperlihatkan pupuk organik secara berkala, minimal setiap 3 bulan sekali. Bila dibutuhkan, Anda juga perlu mengganti media tanam tersebut supaya senantiasa mempunyai tingkat keasaman yang normal.

  1. Kebersihan

Semua makhluk hidup akan hidup sehat apabila kondisi fisiknya bersih. Begitu pula dengan tanaman. Tumbuh-tumbuhan yang selalu higienis bakal terhindar dari serangan hama dan penyakit. Penampilan tumbuhan pun akan terlihat lebih indah. Anda bisa membersihkan setiap helai daun tumbuhan hias tadi memakai air.

  1. Hama

Tanaman hias tidak terlepas dari gangguan hama. Usahakan letakkan tumbuhan di daerah yang aman. Lakukan tindakan pengendalian secara alami terlebih dahulu dengan membuang hama-hama menyerupai ulat, kumbang, semut, atau rayap yang dijumpai di sekitar tanaman.

  1. Pot

Perhatikan kesesuaian antara ukuran pot dengan tanaman. Ganti pot tersebut secara bersiklus sesuai ukuran dan umur tanaman. Dengan memakai pot yang tepat, maka pertumbuhan tumbuhan pun sanggup berlangsung tepat alasannya kebutuhan air dan nutrisinya tercukupi dengan baik.

  1. Pemangkasan

Pemangkasan bertujuan untuk merapikan struktur tumbuhan sekaligus meremajakannya. Tanaman yang dipangkas secara teratur terbukti mempunyai pertumbuhan yang lebih baik. Pemangkasan dilakukan pada bagian-bagian tumbuhan yang mati, kering, berpenyakit, atau pun rusak.

  1. Pupuk

Disarankan untuk memakai pupuk organik sebagai sumber nutrisi tumbuhan miliki Anda. Cobalah memakai kotoran ayam yang telah matang atau sampah dari dedaunan. Berikan pupuk alami ini paling tidak setiap 3 bulan sekali.

  1. Pengaturan

Agar tampilan tanaman-tanaman kepunyaan Anda tampak semakin indah, cobalah mengatur posisinya sedemikian rupa. Letakkan tumbuhan yang pendek di posisi paling depan diikuti oleh tanaman-tanaman yang ukurannya lebih tinggi. Bila perlu, Anda pun sanggup menggantungkan pot-pot yang berisi tumbuhan rambat.