Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Tips Sukses Menanam Biji Bunga Matahari

Bagaimana tips menanam biji bunga matahari biar sanggup tumbuh dengan baik? Ada banyak penghobi tumbuhan hias berbunga yang mengaku kesulitan dalam melaksanakan budidaya bunga matahari. Bahkan tidak sedikit pula yang menyampaikan kalau memelihara bunga matahari itu sulit, terutama ketika mengecambahkan bijinya. Tapi apakah benar menyerupai itu?
Kenyataannya tidak demikian. Bunga matahari termasuk salah satu tumbuhan yang gampang dipelihara dan membutuhkan bentuk perawatan yang sederhana. Tanaman berbunga ini juga sanggup tumbuh dengan baik meskipun jarang disiram. Kesulitan dalam mengecambahkan biji bunga matahari mungkin dikarenakan ketidaktahuan akan mekanisme yang benar.
Nah, berikut yaitu kiat-kiat menanam biji bunga matahari selengkapnya :
1. Kupas Kulit Biji Bunga Matahari
Kulit cangkang biji bunga matahari mempunyai struktur yang tergolong keras. Hal ini yang biasanya menjadi penghambat air siraman tidak sanggup mengenai biji sehingga biji tersebut tidak tumbuh. Untuk mengatasinya, anda sanggup mengupas kulit biji bunga matahari tersebut terlebih dahulu secara hati-hati tanpa melukai biji sebelum menanamnya. Niscaya, biji pun sanggup mendapat nutrisi yang dibutuhkannya sehingga tunas dan akarnya sanggup tumbuh secara bertahap.
2. Pakai Media Tanam yang Tepat
Sebagaimana tanaman-tanaman hias berbunga lainnya, bunga matahari juga sangat menyukai media tanam yang subur. Idealnya, media tanam yang paling sempurna digunakan untuk memelihara tumbuhan ini yaitu gabungan tanah, sabut kelapa, serbuk gergaji, dan arang halus dengan perbandingan 4:2:1:1. Namun jikalau anda kesulitan dalam menemukaan bahan-bahan media tanam tadi, tidak ada salahnya memakai media tanam berupa tanah yang subur dan bertekstur gembur. Sebelum sanggup ditanam, media tanam tersebut harus disiram dan dibiarkan terlebih dulu selama 3-5 hari.
3. Tanam Biji dengan Posisi yang Benar
Perlu diketahui, bab yang lancip pada biji bunga matahari nantinya akan tumbuh akar tanaman. Sedangkan pada bab yang membulat kelak akan muncul tunas bunga matahari. Untuk itu, tanam biji tersebut dengan posisi bab yang lancip di bawah menembus tanah dan bab yang membulat sedikit keluar di permukaan tanah. Dengan begini, kemungkinan biji sanggup berkembang pun menjadi semakin tinggi.
4. Semai Biji di Tempat yang Terlindung
Kesalahan yang kerapkali dilakukan ketika menyemai biji bunga matahari yaitu melakukannya di kawasan terbuka. Padahal kawasan yang terlindung, teduh, tidak terkena sinar matahari langsung, dan bersuhu sekitar 25° C jauh lebih ideal menjadi untuk digunakan menyemai tumbuhan ini. Selain itu, pastikan ruangan semai tersebut tidak diterangi lampu ketika malam hari biar gelap total. Hal ini sanggup merangsang pertumbuhan biji yang lebih cepat. Biasanya, proses penyemaian dilakukan selama 3-4 hari hingga tunas tumbuhan bunga matahari keluar.