Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Menanam Daun Bawang Di Pot Yang Baik

Bagaimana tips menanam daun bawang di pot yang baik? Daun bawang ialah sayuran dari keluarga Alliaceae yang sering dipakai sebagai materi dasar pembuatan suatu makanan. Berbeda dengan tumbuhan bawang-bawangan lainnya, penggalan tumbuhan yang sanggup dimanfaatkan dari daun bawang ialah daunnya. Daun dari tumbuhan Allium fistulosum ini biasanya dibentuk menjadi sup, soto, dan martabak. Rasanya yang khas dengan perpaduan dari rasa gurih, berair, dan kenyal menciptakan sayuran ini mempunyai penggemarnya tersendiri.
Pada dasarnya, tingkat kesulitan menanam daun bawang tergolong mudah. Bahkan tumbuhan ini juga sanggup dibudidayakan dengan baik memakai media pemeliharaan berupa pot. Agar proses penanaman daun bawang dengan pot yang anda lakukan membuahkan hasil maksimal, pelajari tips-tipsnya berikut ini :
1. Tanam Daun Bawang dari Biji
Daun bawang sanggup dikembangbiakkan baik secara generatif maupun vegetatif. Penanaman daun bawang secara generatif sanggup dilakukan dengan menumbuhkan biji. Sedangkan penanaman daun bawang secara generatif biasanya dilakukan melalui stek batang. Budidaya daun bawang secara generatif diklaim sanggup menghasilkan tumbuhan yang berkualitas lebih tinggi ketimbang pembudidayaan secara vegetatif.
2. Gunakan Media Tanam yang Subur
Daun bawang menyukai media tanam yang subur dan agak berliat. Tumbuhan ini juga sanggup dipelihara dengan baik di tanah yang berkelembaban cukup tinggi. Disarankan pakailah media tanam yang terbuat dari adonan tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Tambahkan beberapa penggalan pupuk sangkar apabila diperlukan.
3. Siram Dua Kali Sehari
Sebagai tumbuhan yang tumbuh dengan memprioritaskan daunnya, daun bawang juga menyukai air. Tanaman ini sanggup tumbuh lebih baik ketika dipelihara di media tanam yang cukup lembab daripada media tanam yang kering. Oleh alasannya ialah itu, anda sebaiknya menyiram tumbuh-tumbuhan ini dengan frekuensi dua kali sehari. Kurangi intensitas penyiraman tumbuhan ketika animo penghujan.
4. Pastikan Tanaman Bisa Mendapatkan Sinar Matahari
Yang tidak kalah penting, pastikan daun bawang juga sanggup mendapat sinar matahari langsung. Hal ini memungkinkan tumbuhan tersebut sanggup berkembang biak dengan baik dan berfotosintesis dengan normal. Anda sanggup menempatkan pot-pot berisi daun bawang ini di teras atau di bawah pohon biar terlindung dari curah hujan yang tinggi.
5. Lakukan Pemanenan dengan Bijak
Budidaya daun bawang memakai pot biasanya dilakukan pada skala rumahan. Untuk itu, sebaiknya lakukan proses pemanenan secara bijak. Maksudnya, anda sanggup memotong separuh dari tanaman-tanaman daun yang dibudidayakan biar lebih cepat tumbuh kembali. Di sisi lain, hindari pemanenan dengan turut mencabut penggalan akarnya.