Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Harum Mewangi, Ini 5 Trik Menanam Bunga Lavender

Bagaimana tips menanam lavender semoga tumbuh subur dan harum mewangi? Lavender dikenal sebagai tumbuhan hias yang mempunyai bunga berwarna ungu dan indah. Keharuman bunga lavender bahkan disebut-sebut ampuh dipakai sebagai pengusir nyamuk alami.
Menanam lavender termasuk gampang-gampang dan sedikit susah. Gampang alasannya ialah lavender bahwasanya merupakan tumbuhan yang praktis tumbuh dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Sedikit susah terutama pada ketika proses penyemaian benih lavender.
Berikut ini ialah tips-tips menanam bunga lavender secara lengkap!
1. Semai dengan Media yang Tepat
Banyak para penghobi tumbuhan yang mengaku kesulitan dalam menyemai benih lavender. Padahal rahasianya terletak pada penggunaan media semai yang sempurna yaitu kompos dari akar pakis. Pilih kompos dengan butiran yang halus, lembut, berwarna gelap pekat, dan kondisinya basah. Penyemaian dilakukan sampai benih berkembang menjadi tunas dan tingginya mencapai 5 cm, kemudian pindahkan ke pot.
2. Pakai Pot yang Berukuran Besar
Lavender ialah tumbuhan hias yang mempunyai tingkat pertumbuhan tinggi. Makara bila anda ingin memeliharanya di pot, usahakan pakai pot yang berukuran cukup besar sedari awal supaya tumbuhan tidak perlu dipindahkan-pindahkan lagi. Solusi lain, cobalah tanam lavender di pekarangan alasannya ialah pesonanya sangat indah dan berbau semerbak.
3. Pastikan Tanaman Bisa Mendapat Sinar Matahari
Sebagaimana tanaman-tanaman berbunga lainnya, lavender juga sangat menyukai sinar matahari. Tanaman ini akan tumbuh normal jikalau mendapat sinar matahari penuh selama 7-8 jam/hari untuk berfotosintesis. Di sisi yang lain, lavender justru kurang menyukai lingkungan yang terlalu lembab dan mempunyai curah hujan yang tinggi. Usahakan kondisi media tanam yang dipakai juga mendukung sistem aerasi yang baik.
5. Selalu Gunakan Pupuk Organik
Lambat laun, tingkat kesuburan media tanam akan semakin berkurang. Oleh karenanya, anda perlu melaksanakan pemupukan ulang secara teratur untuk memastikan lavender sanggup memperoleh nutrisi yang cukup. Rekomendasi kami, selalu gunakan pupuk organik menyerupai pupuk sangkar dan pupuk kompos. Hindari menggunakan pupuk kimia alasannya ialah jikalau pertolongan dosisnya berlebihan, maka pupuk tersebut akan bermetamorfosis racun yang sanggup mematikan tanaman.