Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Mata Biru Putih Katarak Pada Bebek



OBAT MATA BIRU PUTIH KATARAK PADA BEBEK

Untuk keterangan penyakit ini buka artikel ‘ Penyakit Bintik Putih Pada Bebek ‘ di blog pertaniankoq.blogspot.com. Artinya artikel kali ini merupakan laporan ke dua perihal mekanisme pengobatan hingga hingga pada proses penyembuhan.

Mas Tito teman kita dari Janti yang melaporkan hal itu. Hasil kesimpulan para pakar perihal penyakit ini menyimpulkan merupakan penyakit AI pada belibis dengan mutasi DNA yang berbeda dengan yang menyerang pada ternak ayam.

Dua koloni sangkar postal yang di miliki oleh mas Tito, dengan kapasitas sangkar pertama 200 ekor sangkar kedua kapasitas 300 ekor. Pemakaiaan probiotik PTPG2 pada sangkar pertama sehabis penyakit meledak dalam sangkar hingga kesannya hanya tersisa 40 ekor. Pada sangkar yang kedua terjadi kematiaan 60 ekor dari 300 ekor belibis dengan pemakaiaan probiotik ketika penyakit datang.

Yang membikin mas titi heran yaitu mata belibis yang sudah katarak, buta sehabis sembuh maka mata kembali menjadi normal bening dan belibis dapat melihat kembali. Padahal berdasarkan mas Tito pada peternakan teman yang lain yang masih satu tempat belibis tidak sembuh , mati semua dan mata katarak tidak menjadi bening kembali

Prosedur Pengobatan untuk belibis 500 ekor :
1. Probiotik PTPG2 sebanyak 1 gelas
2. Obat amoxitin 15 gram
3. Qoliquil 15 gram
4. Neo Meditril 15 ml
5. Theravi 15 gram
6. Air higienis 15 liter

Aplikasi pagi :
Ambil bejana tuang 1 gelas probiotik PTPG2 + obat amoxitin 15 gram + Qoliquil 15 gram + air higienis 10 – 15 liter aduk hingga homogen kemudian berikan ke bebek, untuk membasahi pakan yang di berikan juga pakai adonan air ini.

Aplikasi sore :
Ambil bejana tuang 1 gelas/250ml probiotik PTPG2( Probiotik Top Plus Generasi 2 ) + obat Neo meditril 15 ml + Therapi 15 gram+ air higienis 10-15 liter aduh hingga homogen kemudian berikan ke ternak.

Penyemprotan sangkar sekaligus bebeknya pada malam hari memakai Medisep/antisep atau rebusan daun sirih dan tembakau 3 hari berturut turut. Arah penyembuhan sehabis pengobatan di hari ke tiga

Yang terpenting yaitu pencegahan penyakit dengan melaksanakan tindakan :
1. Karantina selalu setiap kali mendatangkan belibis atau bibit belibis dalam kandang
2. Orang luar dilarang masuk dalam areal sangkar belibis terutama pedagang pasar atau peternak yang bebeknya dalam kondisi keserang penyakit
3. Teliti membeli belibis bibit berciri, leher menekuk, lemes tidak banyak gerak atau buta merupakan indikasi belibis sakit, cari belibis yang leher memanjang, lincah, banyak gerak dan nafsu makan tinggi.
4. Bebek gres tiba dari pasar atau breeder semprot dengan desinfektan karantina 3-7 hari gres di masukan ke sangkar utama

\m/
kipdefayer
Gusti mboten sare
pertaniankoq.blogspot.com
085229779252