Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Berak Darah



                               PENYAKIT BERAK DARAH

Berak darah dapat menyerang ayam segala usia dan semua ayam tipe pedaging atau petelur, yang di sebabkan oleh organisme protozoa yang terbagi dalam 2 ordo :

Ordo Coccidia :
Genus Eimeria sp, Tyzzeria, Isospora, merusak dan berkembang biak dalam sell epitheel usus yang menjadikan enteritis radang usus, yang di ikuti mencret berdarah lantaran sel yang pecah rusak sampai pembuluh darah di bawah luka, sampai berdarah.

Ordo Hemosporidia :
Plasmodium, Hemoproteus, Leucocytozoon, berkembangbiaknya protozoa dalam pembuluhdarah erytocyt, tapi sel darah merah yang masih muda juga dapat kena, pada ayam dapat menjadikan malaria.

Secara umum berak darah di sebabkan oleh genus eimeria, dapat yang tenella, necantric, brunetti, maxima, mitis, hagani dls

Gejala :
ayam membisu lesu malas bergerak, bulu kusam dan bangun kotor, makan minum turun dratis, ayam mengantuk bergerombil di bawah lampu atau daerah minum, mencret berwarna merah.

Kenapa dalam pakan sudah di beri coccidiostat tapi ayam masih terkena penyakit berak darah, ini kemungkinan kekerabatan dengan FI feed intake dalam satu koloni , kalau nafsu makan turun asupan ransum turun maka otomatis coccidiostat juga turun.

Kenapa ayam sudah di vaksin cocidiosis tapi ayam tetap terjangkit berak darah, ini di mungkinkan lantaran tidak sesuainya genus eimeria dalam vaksin yang di lemahkan dengan yang menyerang ketika itu, misal yang menyerang necantric kemudian di beri vaksin dari tenella maka sakit tidak akan sembuh lantaran beda sasaran jenis protozoa nya.

Pengobatan :
Penyakit ini sangat cepat menular. Ayam yang sakit wajib di karantina dan ayam yang masih mengambarkan sehat tidak terjangkit penyakit juga wajib di berikan treatment pengobatan, artinya satu koloni sangkar terjangkit 5% populasinya maka wajib semua ayam 100% wajib di obati semua.

Jangan takut penyakit berak darah merupakan penyakit yang gampang untuk di sembuhkan, ikuti saja treatment pengobatan di bawah ini :

Pengobatan skala 500 ekor populasi ayam :
1. Herbal Top 5 liter
2. Probiotik PTPG2 : 0,5 liter
3. Antibiotika brand anticocy/cocy/maladex 15 gram

Aplikasi :
Tuang HT+ PTPG2+Antibiotika dalam satu bejana kapasitas >15liter, aduk semua sampai homogen, kemudian tambahkan air segar sesuai kebutuhan, artinya seumpama untuk jatah air minum pagi perlu air 10 liter, lantaran sdh ada 5,5 liter tinggal nambahi 4,5 liter lagi air segar.

Aplikasi ini pemberiaan pagi dan siang atau 2X dalam sehari, dengan metode di atas dalam hitungan 3-5 hari ayam akan sembuh dengan cepat.

Pencegahan :
Jaga sanitasi kandang, lantaran penyakit berak darah ini dapat di jadikan indikasi kalau yang punya ternak termasuk peternak tipe Kemproh crobo, kurang dapat menjaga kebersihan kandang

Pakan tengik atau berjamur jangan sekali kali masuk dalam formula pakan, kalau tidak ingin berak darah menyerang peternakan anda

Selalu gunakan probiotik lantaran effek fitofarmakanya dapat meminimalisir perkembangan organisme protozoa dan HT paling tidak seminggu 1-2 X anda berikan ke ternak dan berikan hijau daun yang memiliki sifat pait misal daun pepaya

\m/
kipdefayer
sluman slumun slamet
pertaniankoq.blogspot.com
085229779252