Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Flora Buah Naga

SAUNG PETANI - Buah naga merupakan salah satu dari sekian banyak jenis buah-buahan yang mempunyai banyak manfaat. Karena buah yaitu sumber nutrisi yang mempunyai kandungan vitamin yang berkhasiat bagi tubuh. Kalau kita berbicara perihal buah naga, mungkin sebagian besar masyarakat masih awam kalau di tanya perihal cara budidaya buah naga. Walaupun gotong royong menanam buah naga yaitu hal yang mudah. Yang terpenting dalam budidaya buah naga yaitu bagaimana cara kita merawatnya dengan penuh kasih sayang. Meskipun buah naga ini yaitu kategori tumbuhan yang tahan terhadap serangan hama penyakit, namun kita harus tetap mencurigai dan sebisa mungkin mencegah biar tidak ada hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan tersebut.

Ada beberapa jenis penyakit yang paling berbahaya pada tumbuhan buah naga, dan berikut ini yaitu tips mengatasi hama dan penyakit pada tumbuhan buah naga yang sanggup anda coba.

Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga


Hama

Hama yang paling sering menyerang tumbuhan buah naga ini diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Bekicot
Bekicot yaitu salah satu hama yang mengganggu tumbuhan buah naga walaupun tidak begitu mematikan, tapi perlu juga diwaspadai. Cara mengatasi bekicot pada buah naga yaitu dengan membuang semua hama tersebut dan membasminya, serta selalu menjaga kebersihan lahan.

2. Kutu putih
Hama ini juga sangat berbahaya bagi tanaman, kutu putih ini atau biasanya disebut kebul akan menciptakan sekitar batang tumbuhan buah naga menjadi putih dan kotor serta berakibat vatal kalau tidak di basmi. Cara membasminya yaitu dengan menyemprot insektisida.

Penyakit

1. Penyakit Fusarium
Penyakit fusarium ini di sebabkan oleh Jamur Fusarium oxysporium Schl, yang mana jamur ini akan mengakibatkan batang tumbuhan menjadi layu dan busuk kalau di biarkan begitu saja. Cara menangani penyakit fusarium pada tumbuhan buah naga yaitu dengan menyemprotkan cairan Derosal 60 WP dengan takaran/dosis 2g/liter air. Lakukan penyemprotan 1-2 kali dalam 1 ahad pada pecahan batang dan cabang yang terjangkit penyakit fusarium tersebut.

2. Penyakit Busuk Pangkal Batang
Penyakit ini sanggup mengakibatkan pembusukan pada pangkal batang buah naga, di tandai dengan warna kecokelatan dan terdapat bulu bulu putih disekitarnya. Cara mengatasinya yaitu dengan menjaga kelembaban udara disekitar tanaman.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga, semoga bermanfaat.