Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Cacing Rambut Gampang Hasilkan Jutaan Rupiah Setiap Bulan


Budidaya Cacing Rambut

Seperti yang saya bahas pada postingan sebelumnya masih seputar budidaya cacing rambut, cacing rambut ketika ini sangat dibutuhkan oleh agen-agen, atau peternak ikan hias sebagai pakan utama semoga ikan sanggup hidup dengan normal layaknya hidup dialam bebas. Cacing menyerupai rambut ini termasuk jenis cacing Nemathelminthes yang kaya akan kandungan gizi didalam tubuhnya, Untuk itu cacing rambut sangat dicari keberadaannya sehingga akan memunculkan sebuah peluang perjuangan yang sangat bagus. Kenapa harus bisnis budidaya cacing rambut?
Bisnis Budidaya Cacing Rambut 2018
Cacing rambut merupakan binatang yang seringkali dianggap menjijikkan bagi sebagian orang namun jangan dipandang sebelah mata alasannya ialah cacing rambut sangat dibutuhkan oneh para peternak dan penangkar ikan dan bahkan peghobi ikan hias. Jangan salah bila ketika ini harga cacing rambut bahkan melebihi harga pelet ikan pabrikan alasannya ialah fungsinya yang memang diatas pelet ikan pabrikan. Ikan hias jenis apapun akan sangat menyukai menyantab cacing rambut alasannya ialah memang inilah pakan utama ikan. Selain itu kandungan protein dan gizi lain yang ada pada cacing rambut akan menciptakan ikan hidup dengan pertumbuhan optimal serta akan selalu menjaga kondisi prima daya tahan tubuh. Baiklah kali ini akan saya bahas seputar cara budidaya cacing rambut yang benar semoga sanggup menghasilkan pundi-pundi rupiah sebagai perjuangan sampingan rumahan.

Budidaya cacing rambut dan bahkan menjualnya merupakan hal yang masih tabu dikalangan beberapa orang alasannya ialah mungkin mereka merasa jijik dan kotor, namun jangan salah kalau memang manfaat cacing rambut ini sangat banyak menyerupai yang saya sebutkan diatas.

Saya jelaskan lagi bahwa cacing rambut sangatlah dicari oleh para pemilik ikan hias, baik mulai para peternak sampai penghobi yang hanya mempunyai 1 ekor ikan pun membutuhkan keberadaan cacing rambut untuk menjadi pakan binatang air peliharaan mereka. Sebenarnya tidak hanya ikan saja yang membutuhkan cacing rambut sebagai makanannya, lopster, kura-kura, dan binatang air lainnya juga memerlukan cacing rambut sebagai masakan untuk meningkatkan nilai gizi mereka. Didalam badan cacing rambut sangat banyak kandungan nutrisi yang diharapkan oleh binatang air sehingga para pembudidaya ikan hias bahkan rela untuk memberi upa kepada para pekerja mereka untuk mencari keberadaan cacing rambut di sungai-sungai kotor dan di selokan-selokan dipedesaan maupun diperkotaan. Untuk mengatasi duduk perkara ini maka budidaya cacing rambut ialah sebuah perjuangan yang sangat menjanjikan alasannya ialah peminat cacing rambut sangat banyak.
Budidaya Cacing Rambut Mudah Hasilkan Jutaan Rupiah Setiap Bulan
Jika sebelumnya teman merasa jijik dan takut melihat cacing maka segera hilangkan dan ubah rasa negatif tersebut menjadi sebuah peluang perjuangan yang menjanjikan. Mulai berinteraksi dengan cacing rambut dan segera cari tahu bagaimana cara budidaya dan juga cara pemasaran cacing rambut. Jika sudah demikian maka Anda termasuk menjadi seorang yang arif dalam melihat terobosan peluang perjuangan gres yang ketika ini masih sedikit persaingan dan peminatpun semakin banyak.

Usaha menyerupai ini sangatlah gampang dilakukan alasannya ialah hanya melalui beberapa tahap saja perjuangan budidaya cacing rambut akan segera memasuki waktu pemanenan. Jika dipersingkat maka perjuangan budidaya cacing rambut hanyalah meliputi wacana menciptakan media hidup yang disukai cacing rambut, penyediaan bibit cacing rambut, dukungan pakan dan perawatan, dan terakhir ialah pemanenan cacing rambut serta penjualannya. Dibawah ini akan saya jelaskan satu-persatu wacana langkah-langkah budidaya cacing rambut yang benar :

Membuat Media Hidup Cacing Rambut

Membuat media hidup cacing rambut sangatlah gampang dan tidak akan memakan biaya yang banyak menyerupai menciptakan sangkar binatang ternak lain alasannya ialah media hidup cacing rambut sanggup dibentuk dimanapun dan bahkan dilahan yang sempit sekalipun. Makara budidaya cacing rambut ini hanyalah memrlukan sebuah kolam, baik kolam dari terpal ataupun tembok dan bahkan dari tong bekas atau baskom plastik sekalipu cacing rambut sudah sanggup dibudidayakan. Jika lahan terlalu amat sempit sanggup juga menciptakan media hidup dengan model rak bertingkat menyerupai budidaya jenis cacing merah atau lainnya namun memerlukan wadah yang tidak bocor alasannya ialah nantinya untuk menampung air kawasan cacing rambut hidup.
Kolam Budidaya Cacing Rambut
Untuk menciptakan media hidup ini hanya cukup memerlukan kolam/wadah dengan ukuran sekitar 1x2 meter saja dan buatlah petakan menjadi masing-masing 20cm persegi dengan tinggi kolam minimal 10cm. Jangan lupa memperlihatkan lubang di masing-masing petakan tersebut alasannya ialah berfungsi untuk sirkulasi keluar masuknya air semoga media hidup cacing rambut tetap stabil dan sehat. Untuk sirkulasi air tidaklah perlu membutuhkan arus yang besar, hanya saja cukup percikan yang bisa menggerakkan air saja (arus air yang kecil).

Menyiapkan Bibit cacing Rambut

Menyiapkan bibit cacing rambut sangatlah gampang dan pastinya tidak akan memakan banyak biaya alasannya ialah bibit cacing rambut bisa di ambil dari alam, teman sanggup mencainya di genangan-genangan air atau parit sekitar rumah teman kemudian mengambilnya dan memindahkannya dimedia hidup yang telah disiapkan diatas. Apabila tidak mau repot dengan mencari dialam teman sanggup membelinya ditoko pancing atau ditoko pakan burung terdekat, dan untuk lebih cantik lagi kualitasnya tentunya membelinya dari para pembudidaya cacing rambut terdekat.
Cara Budidaya Cacing Rambut
Apabila teman sudah mendapat bibit maka tahap selanjutnya sebaiknya tidak pribadi memasukkan bibit tersebut kedalam media hidup. Terlebih dahulu bibit cacing merah dikarantina didalam baskom dengan air higienis alasannya ialah untuk mengantisipasi semoga media terhindar dari basil patogen yang dibawa oleh cacing rambut tersebut. Karantina bisa dilakukan selama 24 jam sehabis itu masukkan semua bibit cacing rambut kedalam media yang telah disiapkan.

Pemeliharaan Dan Perawatan Cacing Rambut

Tahap ini ialah tahap yang paling penting dan akan memberi faktor besar untuk keberhasilan sebuah perjuangan budidaya cacing rambut yang teman kerjakan. Pemeliharaan cacing rambut sangat membutuhkan ketelatenan dan kesabaran alasannya ialah memang sedikit lebih sulit daripada pemeliharaan cacing merah. Sebelum memasukkan bibit kedalam kolam media hidup, maka kolam harus higienis dari rumput dan juga binatang air apapun. Kolam di isi lumpur terlebih dahulu dan jemur sampai lumpur mengering selanjutnya isi kolam dengan air bersih, bisa memakai air sumur, sungai, hujan asal tidak mengandung zat jahat yang sanggup membunuh cacing rambut.
Perawatan Cacing Rambut
Jika kolam dan lumpur sudah higienis dan kering maka pastikan kondisi lumpur didalam kolam rata dan tidak terdapat benda keras menyerupai batu, bata, kaya dan benda lain yang keras. Selain itu perhatikan juga sirkulasi keluar masuknya air semoga pH air tetap terjaga. Lubang kanal sirkulasi tidaklah harus besar namun harus selalu mengalir, lubang ini sanggup menggunakan pipa berukuran 2 inch. Selanjutnya ialah mengisi kolam dengan bahan-bahan organik menyerupai limbah dapur, buah busuk, bangkai binatang, kotoran ternak campurkan kedalam media alasannya ialah cacing rambut sangat menyukai bahan-bahan organik tersebut. Jika sudah demikian maka kelangsungan hidup cacing rambut didalam media kolam akan normal dan pastinya akan tumbuh dan berkembangbiak dengan optimal. Jangan lupa tutup juga bab atas kolam setinggi diatas kepala insan semoga menghambat tumbuhnya rumput didalam kolam.

Pemanenan Dan Pemasaran Cacing Rambut

Tahap inilah yang ditunggu-tunggu dan diharapkan keberhasilan meyertainya dan akan mendatangkan pundi-pundi rupiah. Dalam pemanenan cacing rambut sangatlah gampang cukup hanya membuang air dengan menyaringnya atau mengambil cacing dengan memakai jaring halus. Apabila semua cacing sudah dipisahkan dengan air selanjutnya ialah menjualnya semoga menjadi uang yang nantinya apabila ada laba lebih sanggup dipakai sebagai suplemen modal untuk menyebarkan perjuangan budidaya cacing rambut yang teman jalankan.

Dalam penjualannya sangatlah mudah, bila di area DKI jakarta banyak tengkulak atau para peternak ikan hias yang pribadi memborongnya. Untuk area teman tentunya segeralah hubungi tengkulak terdekat atau bisa pribadi menjualnya ditoko-toko ikan hias atau toko pakan burung.



Artikel lainnya yang mungkin terkait dengan budidaya cacing rambut:



Catatan dari saya pribadi kunci sukses untuk perjuangan budidaya cacing rambut ialah pH air yang stabil, hal ini bisa atasi dengan sirkulasi air yang selalu mengair. Selalu lakukan pengecekan setiap hari dan pastikan sirkulasi air lancar. Selain hal itu tentunya utuk sukses dalam sebuah perjuangan ialah ketekunan dan kesabaran, jangan lupa terus berguru dan berdoa kepada Allah SWT. Salam Sukses Mitra Tani!!