Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beternak Kambing Etawa Modern Tanpa Ngarit Dan Cepat Gemuk

Beternak Kambing Etawa

Seperti postingan sebelumnya yang membahas ihwal seputar Kambing Etawa, kali ini saya akan mengulas perjuangan beternak Kambing Etawa yang baik dan benar semoga Kambing cepat gemuk dan cepat dalam berreproduksi. Kenapa Kambing Etawa mulu yang harus saya bahas, Ya!! Karena Kambing Etawalah yang masih menjadi Kambing yang gampang diambil kentungannya mulai dari dagingnya hingga untuk dijadikan Kambing kontes. Kambing Etawa masih mendominasi harga pasar baik dipulau jawa maupun diluar pulau jawa, Kambing ini sangat cocok untuk dibudidayakan dimanapun. Kambing ini sangat banyak dijumpai dipeternakan-peternakan jawa timur dan jawa tengah. Kambing Etawa juga gampang dalam perawatan, Kambing ini sanggup diberi makan dengan rumput alami atau pakan buatan hasil fermentasi.

Beternak Kambing Etawa Pakan Hijauan
Dalam dunia beternak Kambing, Kambing Etawa masih menjadi jenis yang paling terkenal dan sangat diminati dipasaran alasannya ialah Kambing ini mempunyai banyak manfaat diantarnya ialah sebagai Kambing perah dan Kambing kontes. Kambing ini sanggup diambil susunya dan juga sanggup dipakai sebagai Kambing ekspo (kontes). Kambing Etawa kontes harus dipilih dari bibit dan perawatan yang Istimewa alis khusus. Kontes Kambing Etawa sangat banyak dijumpai di Jawa Timur dan Jawa Tengah alasannya ialah disanalah tempat yang paling banyak populasi dari Kambing Etawa alasannya ialah untuk kawasan Jawa Barat lebih didominasi jenis Kambing domba Garut.
Saking banyaknya manfaat yang sanggup diambil dari Kambing Etawa maka Kambing ini menjadi yang paling dicari dipasar, baik pasar lokal maupun impor. Dengan fakta ibarat ini tentunya akan sangat berpeluang bila sobat kawan tani disini mencoba untuk mendirikan sebuah perjuangan beternak Kambing Etawa. Usaha ini sangat cocok dijalankan oleh siapa saja alasannya ialah beternak Kambing Etawa sangat gampang dilakukan. Jika beternak Kambing Etawa dengan skala kecil sobat hanya membutuhkan penanganan sendiri semoga hasil menjadi maksimal dan apabila skala besar tentunya membutuhkan tenaga karyawan.
Beternak Kambing Etawa Modern Tanpa Ngarit
Jika hati dan tekad sudah mantab pribadi saja segera berdiri sangkar yang sederhana untuk menjalankan perjuangan beternak Kambing Etawa. Usaha ini sangatlah simpel dan sederhana hanya saja meliputi ihwal kandang, pakan, minum, dan mengobati ketika terkena penyakit. Jika Beternak Kambing Etawa yang sobat jalankan sudah dijalur teknik dan cara yang benar maka bukan mustahil hasil maksimal akan sobat dapatkan ketika panen nanti. Baiklah dibawah ini merupakan langkah dan cara lengkap yang harus dikerjakan bila ingin sukses beternak Kambing Etawa.

1.      Menentukan jenis perjuangan beternak Kambing Etawa terlebih dahulu, disini yang saya maksud ialah menentukan tujuan mau dibawa kemana arah perjuangan beternak Kambing Etawa itu. Apakah ditujukan sebagai Kambing pedaging, perah, pengembangbiakan, atau Kambing kontes yang hanya membudidaya jenis Kambing Etawa unggul dan bertujuan semoga Kambing laris mahal nantinya. Dengan menentukan tujuan tentunya semoga dalam perawatan nantinya akan beda masing-masing tujuan dari beternak Kambing Etawa ini.
2.      Belajar dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya, sanggup didapat dari main kekandang para peternak senior atau membaca dari buku dan internet.
3.      Tekan serendah mungkin biaya awal yang akan dikeluarkan, mulai dari pembuatan sangkar hingga pembelian bibit. Saat membeli bibit nanti pastidak bibit yang dibeli tidak banyak alasannya ialah untuk tahap awal ialah masih dalam tahap belajar. Dan perlu diketahui Kambing Etawa sanggup beranak 3x dalam 2 tahun, jadi keturunannya nantinya sanggup dijadikan bibit generasi.
4.      Pilih lokasi pembangunan sangkar yang baik, sanggup bertanya dari para peternak yang sudah berpengalaman alasannya ialah dalam pembangunan ini sifatnya juga tidak sembarangan. Kandang harus ditempat yang mempunyai kelembapan area, banyaknya rumput, dan sangkar harus kondusif dari hama/pemangsa.
5.      Sebaiknya menyediakan terlebih dahulu obat-obatan untuk Kambing Etawa semoga memudahkan penanganan ketika Kambing terjangkit penyakit. Sobat sanggup mendiskusikannya dengan para peternak yang berpengalaman, dokter binatang terdekat, atau dinas peternakan setempat.
6.      Selalu berusaha menambah pengalaman dan wawasan seputar ihwal beternak Kambing Etawa, sanggup mengikuti training atau seminar bila ada kesempatan.
7.      Jangan lupa berdoa kepada Allah SWT, sesudah melaksanakan perjuangan tentunya harus dikuatkan dengan doa semoga hajat terwujud.

Beberapa langkah diatas merupakan hal yang harus sobat kerjalan bila mana ingin segera memulai perjuangan beternak Kambing Etawa, ke-7 poin diatas merupakan hal yang sangat gampang dan sanggup dikerjakan oleh siapapun. Beternak Kambing Etawa merupakan peluang perjuangan yang paling manis diantara beternak binantang lainnya alasannya ialah Kambing Etawa mempunyai usia yang panjang dengan tingkat reproduksi yang tinggi ibarat yang saya bilang Kambing ini sanggup beranak 3 kali dalam 2 tahun.
Beternak Kambing Etawa Dengan Bibit Unggul
Usaha beternak Kambing ini juga bermanfaat untuk orang lain alasannya ialah membuat peluang kerja bagi mereka yang membutuhkannya. Baiklah selanjutnya kita akan membehas bab terpenting yaitu teknik dan cara yang benar dalam perjuangan beternak Kambing Etawa.

Teknik Beternak Kambing Etawa

Jika dilihat dari segi teknik dan cara beternak Kambing Etawa merupakan perjuangan yang sangat gampang dan hanya membutuhkan 3 langkah penting yaitu : Bibit, Pakan, dan Perawatan. Tiga hal ini merupakan hal yang vital dalam perjuangan ini, dan semuanya harus dilakukan semoga perjuangan beternak Kambing Etawa dalam dijalankan dengan semestinya. Jika 3 poin diatas sudah dilakukan maka besar impian perjuangan ini akan sukses dan terus berkembang. Sebenarya ada satu poin pelengkap dari saya yang harus sobat lakukan yaitu bertemanlah dengan para peternak Kambing Etawa yang sudah berpengalaman. Dengan hal ini sobat sanggup menimba ilmu dari mereka ihwal perjuangan ini, sering main kekandang untuk bertanya dan mencar ilmu semoga sobat mempunyai banyak modal ilmu dan pengelaman untuk mengelolah perjuangan beternak Kambing Etawa yang sobat jalankan. Baiklah saya akan membahas 3 pin penting dengan secara detail dibawah ini :

Penyediaan dan Pemilihan Bibit Berkualitas

Bibit merupakan sebuah pondasi utama dalam dunia peternakan, bibit ini harus ada alasannya ialah inilah yang akan menjadi sebual modal nantinya. Bibit juga sangat mempengaruhi sebuah keberhasilan ternak binatang apapun. Untuk itu bibit harus dipilih dari yang terbaik/unggul, hibrida akan sangat manis untuk modal utama sebuah perjuangan beternak Kambing Etawa. Untuk beternak Kambing Etawa sobat membutuhkan bibit indukan yang unggul semoga nantinya keturun yang dihasilkan berkualitas dan mempunyai harga pasar yang tinggi. Jika bibit indukan yang sobat ternak merupakan hibrida maka hanya saja memberinya perawatan yang baik supaya induk Kambing cepat dalam berkembangbiak. Perlu diketahui bahwa indk Kambing Etawa sanggup beranak 3 kali dalam kurun waktu 2 tahun saja, dengan jumlah anak 1-4 ekor setiap kandungannya. Dengan itu semua maka akan sangat penting bila sobat harus mengetahui bagaimana ciri-ciri induk Kambing Etawa yang unggul semoga nantinya sukses dalam beternak Kambing.

Pengadaan disini yang saya maksud ialah untuk pengadaan bibit/induk Kambing Etawa, dan di dalam poin ini yang perlu kita lakukan ialah dengan menentukan induk yang unggul semoga keturunan yang di hasilkan mempunyai kualitas yang bagus, pertumbuhan yang bagus, dan juga perkembangbiakan yang maksimal. Dengan kita mempunyai hibrida maka sangat gampang untuk membuat induk Kambing beranak dengan 3 kali dalam 2 tahun. Pada umumnya Kambing Etawa akan melahirkan 1-4 anak dalam masa satu kandungan. Anak akan lahir sesudah kandungan berumur 5 bulan. Dan untuk memenuhi pengadaan ini maka ada poin lainnya yaitu ihwal bagaimana ciri-ciri bibit yang manis untuk kita budidayakan. Berikut merupakan ciri-ciri induk Kambing Etawa yang unggul :

1.      Untuk Kambing Etawa betina akan bersifat jinak atau cenderung tidak galak, mempunyai bentuk kaki-kaki lurus, terdapat  2 puting susu, bentuk badan yang proporsional dan juga simetris lurus, tumit terlihat cenderung tinggi dan tentunya sehat tanpa cacat.
2.      Pada Kambing Etawa penjantan, mempunyai bentuk punggung yang lurus dan tidak bengkok (tulangannya),ukuran badan yang besar dan gagah, terlihat kokoh, usia 1,5 tahun atau lebih, sehat dan pastinya juga tanpa cacat.

Jika sobat mempunyai kesusahan dalam mencari bibit maka sobat sanggup pribadi membelinya dari sangkar para peternak Kambing Etawa yang sudah berpengalaman dan mempunyai track record yang baik. Untuk langkah ini tentunya akan menghabiskan uang yang lebih banyak daripada membeli bibit dari pasar Kambing langsung. Setelah bibit didapatkan dan dibawa pulang untuk ditempatkan dikandang yang gres sebaiknya Kambing diberikan multivitamin setidaknya selama 3 hari semoga kondisi fisik Kambing tetap prima dan tidak kurus. Multivitamin sanggup didapat dengan membelinya ditoko pakan ternak terdekat.

Penyediaan Pakan dan Pemberiannya

Pakan dalam sebuah perjuangan beternak Kambing ini sifatnya sangat vital dan harus ada. Pakan merupakan hal terpenting dalam kelangsungan makhluk hidup, pakan inilah yang akan membuat mereka tumbuh dan berkembang biak. Kambing juga membutuhkan pakan yang baik dan mempunyai kandungan gizi yang cukup semoga hidup dan tumbuh dengan normal. Pakan untuk Kambing harus mengandung beberapa elemen yaitu vitamin, protein, karbohidrat, dan juga mineral. Pemberian pakan seprti ini sanggup dengan memakai pakan rerumputan, dan untuk pakan pelengkap sanggup juga diberikan dengan komboran bekatul kualitas A. Dengan diberikan pakan ibarat ini maka Kambing Etawa akan gampang dalam pembentukan daging, bila memungkinkan sanggup diberi pakan pelengkap ampas tahu, ampas singkong, atau materi sisa organik lainnya yang murah dan gampang didapat.
Beternak Kambing Etawa Senduro
Di kala ketika ini untuk derma pakan Kambing Etawa sedang buming dengan memakai pakan buatan (pakan hasil fermentasi materi organik). Pakan fermentasi ini justru kaya akan kandungan nilai gizi tinggi yang sanggup membantu untuk mempercepat tumbuh dan berkembangbiak pada Kambing. Pakan buatan ini juga sanggup menggemukkan Kambing dalam kurun waktu 3 bulan saja. Selain fermentasi, Kambing Etawa juga sering diberikan pakan adonan dari bahan-bahan organik ibarat bekatul, konsentrat yang dalam pembuatannya tidak ada rumus tertentu. Pemberian pakan adonan ini hanya dengan asumsi saja alasannya ialah pakan ini sangat manis dan kaya akan nutrisi jadi pemberiannya tidak ada dosis tertentu. Pemberian pakan adonan mempunyai kelemahan yaitu biaya yang mahal, dengan pakan ini tentunya tingkat laba beternak Kambing Etawa akan mengurang jadi pakan ini tidak saya sarankan. Untuk menutupi susahnya mencari pakan hijau atau banyak biaya untuk membeli pakan adonan maka pada pertemuan kamarin sudah saya bahas bag.aimana solusi pakan yang baik untuk beternak Kambing pada Pakan Ternak Kambing Buatan Tanpa Ngarit Efektif Dan Cepat Gemuk.

Dengan memakai pakan buatan sobat juga masih perlu menawarkan pakan hijau untuk selingan semoga Kambing tidak bosan dan tetap menjaga nafsu makan. Pakan hijau ini sanggup diberikan disaat siang hari dengan dipasangkan sesudah derma minum air bersih. Dapat juga diberikan multivitamin yang sanggup dibeli ditoko pakan ternak terdekat semoga stamina dan daya tahan badan Kambing tetap prima sehingga akan susah terjangkit penyakit dan cepat dalam pertumbuhan.

Pemberian pakan sebaiknya diberikan 2 kali sehari pada ketika sore dan pagi hari dengan derma minum air higienis minimal 2 liter/hari. Jika Kambing susah untuk minum maka sanggup ditambahkan garam beryodium secukupnya semoga Kambing menyukai minumannya.

Pengerjaan Beternak Kambing Etawa

`Pengerjaan beternak Kambing Etawa sangat sederhana dan tidak menyulitkan sedikitpun alasannya ialah hal ini hanya meliputi ihwal bagaimana memelihara binatang ternak pada umumnya. Pengerjaan yang saya maksud ialah mulai dadi pembangunan sangkar hingga proses perawatan hingga menemui titik goal yaitu panen. Jika sudah memasuki tahap panen dan mendapat laba maka sanggup saya katakan ternak Kambing Etawa yang sobat kerjakan telah sukses dan hanya perlu mengembangkan-dan menyebarkan lagi hingga menjadi perjuangan peternakan yang semakin besar. Bailah semoga lebih terang akan saya sebutkan satu persatu bagaimana pengerjaan perjuangan beternak Kambing Etawa yang baik dan benar :

1.    Langkah awal yang harus dilakukan ialah membangun sebuah tempat tinggal Kambing Etawa/kandang. Kandang ini sangat penting dan merupakan hal utama yang harus dilakukan. Kandang harus dibangun dengan sedemikian rupa semoga Kambing sanggup berkelangsungan hidup dengan normal. Kandang harus mendapat sirkulasi udara yang baik dan sinar mentari pagi yang cukup. Kriteria sangkar Kambing Etawa yang baik sanggup sobat pelajari pada ulasan “kandang Kambing”.
2.   Menjaga reproduksi semoga tetap maksimal, maksudnya ialah sebagai seorang peternak Kambing Etawa tentunya harus sanggup membuat Kambing Etawa semoga sanggup berreproduksi dengan maksimal. Kambing Etawa sanggup saja melahirkan anak 3 kali dalam kurun waktu 2 tahun, dan biasanya akan melahirkan 1-4 anak setiap periode kehamilannya namun pada umumnya yang sering terjadi ialah 2 anak. Untuk menjaga reproduksi lancar sobat harus merawat dan memberinya pakan yang bergizi semoga Kambing cepat remaja dan memasuki masa birahi untuk siap dikawinkan. Pada umumnya Kambing Etawa akan memasuki masa birahi pada usia sekitar 11 bulan, namun ada juga yang gres memasuki usia 8 bulan sudah birahi. Untuk bobot biasanya sekitar 50kg untuk sanggup dikawainkan (masuk masa birahi). Jika Kambing betina sudah memasuki masa birahi segeralah kawinkan dengan Kambing Etawa jantan semoga perkawinan terjadi masa subur alasannya ialah masa birahi Kambing hanya dengan batas waktu 1-2 hari saja sedangkan untuk masa tenggang ialah 2-3 minggu. Tanda Kambing betina yang sedang birahi ialah biasanya berprilaku agresif, susah makan, berteriak, mengibaskan ekor, kelamin merah dan agak bengkak, kelamin keluar cairan putih kental, sering kencing namun hanya sedikit urinnya, akan membisu bila didekati pejantan atau bahkan ketika ditunggangi pejantan.
3. Waktu lahirnya anak Kambing hanyalah dengan waktu 5 bulan saja dari waktu perkawinan yang terjadi (terbuahi), hal ini tentunya sangat cepat dibandingkan dengan sapi/kerbau yang mempunyai waktu hingga 9 bulan lamanya. Setelah melahirkan Kambing betina akan menyusui hingga 3-4 bulan lamanya, dan pada ketika menyusui berilah supan nutrisi yang baik untuk sang induk semoga stamina tetap terjaga dan susu yang dikeluarkan berkualitas sehingga anak-anaknya tumbuh normal dan optimal. Jagangan lupa jagalah kebersihan induk Kambing alasannya ialah pada ketika sesudah melahirkan Kambing betina akan mengeluarkan darah dari kelaminnya sanggup hingga 1 bulan lamanya.

Apabila 3 hal diatas sudah sanggup dilakukan dengan semestinya maka kesuksusan beternak Kambing Etawa yang sobat lakukan akan segera terwujud alasannya ialah memang beternak Kambing Etawa ini sangat gampang dan hanya meliputi tiga hal penting diatas. Kambing Etawa ini sanggup dipanen/dijual sebaiknya pada usia 1.5 tahun, alasannya ialah pada ketika menginjak usia ini Kambing sudah sulit untuk menambah bobot tubuhnya. Jangan lupa Kambing Etawa sangat banyak manfaatnya alasannya ialah sanggup di ambil susu, kulit, dagingnya dan bahkan menjadi Kambing kontes. Untuk itu ketika menjualnya pastikan dengan harga terbaik semoga laba sanggup maksimal. Jangan lupa terus mencar ilmu dari pengalaman dan selalu berdoa kepada Allah SWT. semoga mendapat hasil yang maksimal. Salam Sukses Mitra Tani!!