Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Kalkun Yang Lumpuh

Tidak menutup kemungkinan jikalau kalkun yang Anda pelihara akan mengalami kelumpuhan. Tubuh kalkun tersebut akan tampak lemas sekali dan hanya sanggup terkulai di permukaan tanah. Bahkan untuk sekadar bangun saja, ia tak sanggup melakukannya. Kalkun memang sanggup terjangkit penyakit lumpuh atau disebut juga sebagai penyakit turun urat. Anda harus segera mengobati kalkun yang sakit tadi hingga benar-benar sembuh kembali.
Penyebab lumpuh yang menimpa kalkun biasanya dikarenakan dukungan pakan yang terlalu banyak. Kalkun yang mengonsumsi pakan secara berlebihan menyebabkannya mengalami overdosis. Bobotnya sangat berat sehingga menimbulkan kedua kakinya tidak sanggup menahan lagi. Kalkun anakan yang sering mengonsumsi daun pepaya juga sanggup tiba-tiba mengalami lumpuh. Biasanya peternak menggunakan daun pepaya untuk meningkatkan nafsu makan kalkun.
Faktor lain yang juga sanggup mengakibatkan kalkun mengalami kelumpuhan yaitu kekurangan vitamin D serta zat mineral yaitu kalsium dan fosfor. Selain itu, perkelahian dengan kalkun lainnya pun sanggup menimbulkan problem serupa. Perlu Anda ketahui, kalkun mempunyai sifat temperamental yang tinggi, khususnya kalkun jantan. Unggas ini tidak segan-segan sabung dengan kalkun jantan lain yang dianggapnya mengganggu. Tak jarang perkelahian yang terjadi di antara kalkun ini menimbulkan salah satunya mati sia-sia.
 Tidak menutup kemungkinan jikalau kalkun yang Anda pelihara akan mengalami kelumpuhan Cara Mengobati Kalkun yang Lumpuh
Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk mengobati kalkun yang lumpuh, antara lain :
  1. Obat Penyembuh Lumpuh
Di pasaran, sekarang sudah tersedia obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan kaki unggas yang lumpuh. Anda sanggup mencoba menggunakan Ostelin. Obat ini biasanya banyak tersedia di toko hewan peliharaan. Ostelin merupakan obat yang berbentuk kapsul. Untuk mengobati kalkun yang lumpuh, Anda sanggup memperlihatkan ostelin sebanyak 3 kali/hari masing-masing 1 kapsul yakni pagi, siang, dan sore. Cepat atau lambat kalkun tersebut niscaya akan sehat kembali.
  1. Minyak Goreng
Jika Anda tinggal di pedesaan sehingga sulit menemukan obat Ostelin, Anda sanggup menggunakan materi alami untuk menyembuhkan kalkun yang lumpuh. Cobalah gunakan minyak kelapa atau minyak kelapa sawit. Kami sudah pernah mencobanya sendiri dan berhasil. Siapkan minyak kelapa/kelapa sawit yang masih baru, bukan minyak bekas pakai. Berikan minyak tersebut ke ekspresi kalkun menggunakan selang atau sedotan. Berikan minyak ini setiap 1 jam sekali.
  1. Serai
Serai juga sanggup dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit kelumpuhan pada kalkun. Batang serai mempunyai pengaruh normalisasi kesalahan yang terjadi pada struktur urat. Anda sanggup menumbuk batang serai terlebih dahulu. Lalu tempelkan tumbukan ini ke kedua kaki kalkun. Agar tidak gampang hilang, Anda sanggup menempelkannya dengan plester. Gantilah batang serai tersebut setiap 2 hari sekali. Lakukan terapi ini hingga kalkun kembali sehat.
Kalkun yang sedang menderita penyakit lumpuh sebaiknya dipindahkan ke kandang khusus semoga Anda lebih gampang dalam merawatnya. Kandang ini berupa sangkar panggung, di mana belahan dasar sangkar tersebut tidak melekat dengan tanah. Tidak ada salahnya Anda juga memijat kaki kalkun yang lumpuh menggunakan salep untuk membantu proses pengobatan. Hindari menjemur dan memandikan kalkun yang sakit. Jagalah kebersihan kandang. Berikan 1 siung bawang merah setiap pagi untuk menjaga nafsu makannya.