Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jenis Pakan Yang Baik Untuk Kalkun

Tujuan utama membudidayakan kalkun ialah mendapat dagingnya. Ukuran kalkun yang besar membuatnya mempunyai daging yang lebih banyak daripada ungas-unggas yang lain. Inilah penyebab utamanya mengapa harga daging kalkun sangat mahal. Padahal beternak kalkun itu jauh lebih gampang dilakukan ketimbang memelihara ayam atau bebek. Kesempatan ini sanggup Anda jadikan sebagai peluang bisnis untuk memperoleh laba yang besar.
Agar tumbuh dengan baik dan cepat besar, kalkun harus mendapat perawatan semaksimal mungkin. Terutama soal makanannya yang wajib diperhatikan dengan baik. Kalkun bahwasanya tidak terlalu pilah-pilih makanan. Unggas ini mau memakan semua pakan yang kita berikan hingga habis. Meskipun begitu, kita juga perlu mempertimbangkan kelayakan pakan serta keuntungannya bagi pertumbuhan kalkun itu sendiri.
 Tujuan utama membudidayakan kalkun ialah mendapat dagingnya 6 Jenis Pakan yang Baik untuk Kalkun
Berikut ini jenis-jenis pakan yang baik untuk diberikan kepada kalkun, antara lain :
  1. Voor
Kalkun yang masih berusia kecil sebaiknya hanya diberikan pakan berupa voor. Nutrisi yang terkandung di dalam voor sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi pada anakan kalkun. Selain itu, kalkun-kalkun kecil juga sangat menyukai voor. Anda tidak perlu susah menarik perhatiannya lantaran kalkun anakan memang bahagia sekali memakan voor. Anda sanggup membeli voor di toko hewan ternak.
  1. Dedak Halus
Ketika anakan kalkun yang Anda pelihara sudah tumbuh menjadi lebih besar, Anda sanggup menambahkan dedak halus ke dalam porsi makanannya. Dedak halus mempunyai kandungan gizi yang lebih kompleks daripada voor. Di dalamnya juga terdapat serat pangan yang sangat tinggi yang berkhasiat bagi pertumbuhan kalkun. Silakan campurkan dedak halus ini dengan voor secukupnya.
  1. Daun Genjer
Guna menghemat biaya produksi selama membudidayakan kalkun, Anda sanggup menggunakan tumbuh-tumbuhan liar sebagai makanan. Salah satunya ialah genjer. Genjer biasanya tumbuh di area persawahan dan menjadi gulma bagi tumbuhan padi. Tumbuhan ini berbeda dengan eceng gondok lantaran mempunyai tekstur yang lebih lembut. Terbukti kalkun sangat menyukai daun genjer yang dipotong-potong.
  1. Daun Pepaya
Untuk meningkatkan nafsu makannya, Anda sanggup memperlihatkan daun pepaya kepada kalkun. Daun ini terbukti secara efektif sanggup menjaga selera makan kalkun dan kondisi kesehatannya. Ingat, hanya kalkun berakal balig cukup akal yang boleh memakan daun pepaya. Kalkun anakan yang usianya masih di bawah 3 bulan sama sekali dihentikan mengonsumsi daun ini lantaran sanggup menimbulkan kelumpuhan.
  1. Sayur-mayur
Segala jenis sayur-sayuran sanggup Anda berikan kepada kalkun. Unggas ini suka sekali dengan serpihan sayur-sayuran yang berukuran kecil. Anda sanggup memberikannya sawi putih, kubis, kangkung, daun ubi jalar, dan lain-lain. Untuk mengatasi kalkun yang enggan memakan sayuran, Anda sanggup merebus sayuran tersebut terlebih dahulu kemudian tambahkan garam secukupnya untuk memperlihatkan rasa.
  1. Ampas
Anda juga sanggup memperlihatkan ampas kepada kalkun. Silakan bila Anda ingin menggunakan ampas kelapa, ampas tahu, ampas jagung, ampas kedelai, dan sebagainya. Tapi Anda perlu memastikan jikalau ampas tersebut masih layak dipakai sebagai pakan serta kondisinya belum basi. Jangan pernah memperlihatkan ampas yang kedaluwarsa kepada kalkun alasannya ialah sanggup mengakibatkan dilema pencernaan yang mengganggu pertumbuhannya.