Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengawinkan Kalkun Secara Alami

Kalkun merupakan unggas penghasil daging. Peternak umumnya membudidayakan kalkun untuk mendapat dagingnya. Ukuran kalkun yang besar menjanjikan daging yang lebih banyak daripada ayam. Bahkan selisihnya mungkin bisa mencapai 3-4 kali lipat. Daging kalkun juga mempunyai cita rasa yang lebih lezat. Teksturnya cukup alot hampir mirip daging sapi. Silakan Anda bisa mencoba memeliharanya.
Budidaya kalkun tidak terlalu sulit mengingat unggas yang satu ini mempunyai daya tahan yang sangat tinggi. Kalkun tidak gampang terjangkit penyakit. Selain itu, kemampuan berkembang biaknya juga tinggi sekali. Seekor kalkun jantan bisa melaksanakan perkawinan berkali-kali tanpa mengenal waktu. Makara Anda bisa menjodohkan seekor kalkun jantan dengan 3-5 kalkun betina sekaligus untuk mendapat keturunan yang banyak.
 Kalkun merupakan unggas penghasil daging Cara Mengawinkan Kalkun secara Alami
Berikut ini mekanisme lengkap bagaimana caranya memicu perkawinan secara alami pada kalkun.
Sebaiknya Anda menyiapkan sangkar umbaran yang cukup luas sebagai daerah perkawinan untuk kalkun. Kandang ini tidak perlu dibentuk secara khusus, melainkan Anda bisa menggunakan sangkar yang biasanya dipakai oleh para kalkun untuk beraktivitas. Alangkah baiknya bila sangkar tadi dinaungi oleh pepohonan sehingga kondisinya tidak terlalu panas. Tambahkan makanan dan minuman yang cukup ke dalam sangkar tersebut sebagai sumber tenaga.
Kemudian masukkan 1 ekor jantan dan 3-5 ekor betina yang sudah siap melaksanakan perkawinan ke dalam kandang. Dilarang menempatkan beberapa kalkun jantan di dalam sebuah sangkar alasannya yaitu rawan terjadi perkelahian. Dalam kondisi siap melaksanakan perkawinan, perangai kalkun sangat garang sehingga tidak segan-segan melawan kalkun lain yang mencoba menghalangi. Kami juga menyarankan Anda menyediakan kalkun betina lebih dari seekor untuk melayani kalkun jantan.
Kalkun jantan yang sedang dalam kondisi berahi biasanya akan membuka bulu-bulu di tubuh untuk menarik perhatian kalkun betina. Kalkun tadi tampak lebih gemuk daripada biasanya dengan bulu ekor yang berdiri. Lalu kalkun jantan akan mulai mendekati kalkun betina yang disukai sambil melaksanakan gerakan tarian di sekitarnya. Kalkun betina yang merasa tertarik lantas akan menurunkan badannya. Setelah itu, kalkun jantan akan menaiki tubuh kalkun betina untuk melaksanakan perkawinan.
Bagaimana cara mengatasi kalkun jantan yang enggan melaksanakan perkawinan?
Faktanya kalkun merupakan unggas yang mempunyai hasrat yang sangat tinggi untuk melaksanakan perkawinan. Bahkan setiap hari, ia bisa melakukannya berkali-kali. Tapi kadang kala kalkun bisa mirip kehilangan nafsunya. Ia merasa enggan untuk melaksanakan perkawinan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memperlihatkan jamu berpengaruh yang biasa diminum oleh manusia. Berikan jamu tersebut dengan cara diminumkan lewat mulutnya. Keesokan harinya, kalkun tadi niscaya akan siap untuk melaksanakan perkawinan lagi.