Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tehnik Budidaya Lada Sesuai Anjuran

SAUNG PETANI - Tehnik budidaya lada atau merica sesuai dengan tawaran yang baik dan benar memang penting untuk mendapat hasil maksimal. Seperti yang kita tahu bahwa ancaman paling berbahaya dalam budidaya lada atau merica yaitu serangan hama dan juga penyakit. Jika kita sudah tetapkan untuk menanam dan membudidayakan flora lada atau merica, maka kita harus mau melaksanakan perawatan ekstra sehingga flora tidak diserang oleh hama penyakit. Salah satu pengendalian serangan hama penyakit dengan cara hayati yaitu dengan menanam lada dengan tawaran yang tepat.

Lalu bagaimana tehnik budidaya lada yang sesuai tawaran para master pertanian terutama petani lada? Nah pada kesempatan kali ini pertaniankoq akan membagikan kepada anda bagaimana cara budidaya lada yang sempurna semoga terhindar dari serangan hama penyakit.

Baca juga : Inilah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Lada

Makara dalam mebudidayakan lada atau merica ini kita harus tahu bagaimana seluk beluk dari flora ini, setidaknya kita tahu morfologi dari flora lada. Dengan demikian sudah sanggup kita membudidayakan lada sesuai dengan anjuran.

 Tehnik budidaya lada atau merica sesuai dengan tawaran yang baik dan benar memang penting Tehnik Budidaya Lada Sesuai Anjuran


Tehnik Budidaya Lada Sesuai Anjuran


Budidaya lada yang sesuai tawaran disini maksudnya yaitu menanam lada yang sehat. Penanaman lada yang sehat tentu saja dimulai dari pemilihan bibit lada yang sehat. Jika dari pemilihan bibit saja sudah tidak sempurna atau asal-asalan, maka hasil panen lada juga sanggup asal-asalan juga. Tapi sebaliknya bila dalam hal pemilihan bibit lada kita benar-benar seleksi, maka sanggup dijamin keberhasilannya.

Walaupun belum ada varietas bibit lada yang tahan dengan serangan hama penyakit, namun kita sanggup mencari alternatif untuk mencegah dan mengendalikan serangan hama penyakit pada flora lada tersebut. Makanya dalam pemilihan bibit lada harus benar-benar diperhatikan, bila kita lihat ada bibit lada yang kerdil maka segera di musnahkan, alasannya sudah niscaya bibit kerdil tersebut terjangkit hama penyakit.

Selain itu tehnik budidaya lada yang benar yaitu dengan memperhatikan lokasi atau kawasan budidaya flora lada ini. Perlu anda ketahui bahwa flora ini hanya membutuhkan pencahayaan sekitar 50-70% saja, tidak lebih dari itu. Maka kiprah kita yaitu bagaimana mengatur pencahayaan yang baik untuk flora lada ini.

Untuk melaksanakan perawatan, ada saatnya kita harus memangkas sulur cacing dan sulur gantung pada flora lada ini. Tujuan dari pemangkasan yaitu untuk mencegah infeksi. Selain itu juga pengaturan drainase pada sekitar flora harus benar, kalau sanggup buatlah parit-parti disekitar flora semoga mencegah atau menghindari tergenangnya flora dengan air.

Dengan melaksanakan tehnik penanam yang sesuai anjuran, maka sanggup dijamin hama dan penyakit pada flora lada tidak akan ada. Semoga bermanfataat.