Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Cacing Rambut

Mengenal Cacing Rambut - Cacing Rambut sangat Populer di kalangan Para pencinta dunia perikanan Indoensia khusunya para pembudidaya Ikan. Karena Peranan dari Cacing rambut untuk mensuplay kebutuhan pakan untuk benih benih ikan yang gres diopijahkan.

Cacing Rambut lebih populer di beberapa kawasan dengan nama yang berbeda beda semisalnya  Cacing Sutra, Cacing Cacing Tubilex atau sebutan Untuk jenis Pakan alternatif pembudidaya berupa cacing Rambut.

Baca Juga ;




Saat ini Budidaya Akan cacing rambut semakin mengkilap, sebab undangan akan cacing sutera atau cacing rambut banyak tiba dari para pembudidaya pembenihan ikan. Biasanya cacing rambut di dapatkan dari pengambilan di sungai atau selokan.

Cacing rambut di gunakan untuk memberi pakan pada bibit bibit ikan yang gres menetas, Untuk takaran sumbangan pakan cukup dengan memperlihatkan cacing rambut di kolam atau media pembenihan ikan.

Seperti pada pembenihan ikan lele, sumbangan cacing rambut di mulai pada usia benih pada usia 2 ahad hingga usia sebulan,

Pemberian pakan sanggup terus menerus untuk mengurangi penggunaan pakan pabrikan. Selain itu cacing rambut juga sanggup di gunakan untuk sumbangan pakan ikan yang lainnya.

Mengenal Cacing Rambut

 Cacing Rambut sangat Populer di kalangan Para pencinta dunia perikanan Indoensia khusunya MENGENAL CACING RAMBUT
Cacing Rambut
Selain mendapat cacing rambut dari alam atau selokan, cacing rambut juga sanggup di dapatkan dari perjuangan pembudidayaan cacing sutera atau cacing tubilex.

Untuk cara pembudidayaannya kita harus terlebih dahulu mengerti ihwal habitat atau syarat hidup dari cacing rambut.

Budidaya cacing rambut sanggup memakai media ember ataupun media kolam terpal atau kolam plastik. Dan habitat dari cacing rambut yang perlu kita ketahui ialah cacing rambut atau cacing sutera biasa hidup di fatwa yang kotor dan banyak mengandung limbah.

Cacing rambut masih tergolong dalam binatang hermaprodit yang berkembang biak melalui telur.

Dan Cacing rambut mengalami pembuahan secara eksternal. yaitu dimana telur yang dibuahi oleh jantan akan membelah jadi dua sebelum ketika menetas. 

Syarat hidup cacing rambut  yang perlu di ketahui oleh pembudidaya antara lain :
  
- Cacing rambut biasanya hidup di tingakat keasaman atau pada pH : 5. 5 – 8. 0

- Untuk temperatur Suhu cacing rambut memerlukan suhu yang baik antara: 25 – 28 c

- Cacing rambut memerlukan DO( oksigen terlarut ) berkisar 2, 5 – 7, 0 ppm

- Air yang pelan atau tidak terlalu deras debitnya. Untuk kebutuhan jumlah debit air secukupnya dan tidak terlalu besar mengingat cacing rambut  ini sangat kecil.

Untuk Cara Budidaya cacing rambut Bisa mengikuti trik di bawah ini 

- lahan uji coba berupa kolam tanah/terpal atau sanggup memakai ember untuk kolam sanggup memakai kolam berukuran 8 x 1,5m dengan kedalaman 30 cm.
 
- Dasar kolam atau media uji coba ini hanya diisi dengan sedikit lumpur ,Usahakan biar lumpur tidak tercemar basil atau mengandung limbah
  
- Apabila matahari cukup terik, jemur kolam minimum sehari. Bersamaan dengan itu, kolam dibersihkan dari rumput atau binatang lain yang berpotensi menjadi hama bagi cacing sutra, menyerupai keong mas atau kijing.
 
- Pipa Air Keluar (Pipa Pengeluaran/Outlet)dicek kekuatannya dan pastikan berfungsi dengan baik.Pipa Pengeluaran ini sebaiknya terbuat dari materi paralon berdiameter 2 inci dengan panjangsekitar 15 cm.
 
- Usai pengeringan dan penjemuran, usahakan kondisi dasar kolam bebas dari bebatuan danbenda-benda keras lainnya. Hendaknya konstruksi tanah dasar kolam relatif datar atau tidak bergelombang.
 
- Dasar kolam diisi dengan lumpur halus yang berasal dari susukan atau kolam yang dianggap banyak mengandung materi organik hingga ketebalan dasar lumpur mencapai 10 cm.
 
- Tanah dasar yang sudah ditambahi lumpur diratakan, sehingga benar-benar terlihat rata dantidak terdapat lumpur yang keras.
 
- Untuk memastikannya, gunakan fatwa air sebagai pengukur kedataran permukaan lumpur tersebut. Jika kondisinya benar-benar rata, berarti kedalaman air akan terlihat sama di semuabagian.
 
- Masukkan kotoran ayam kering sebanyak tiga karung ukuran kemasan pakan ikan, kemudiansebar secara merata dan selanjutnya sanggup diaduk-aduk dengan kaki.


- Setelah dianggap datar, genangi kolam tersebut hingga kedalaman air maksimum 5 cm, sesuaipanjang pipa pembuangan.
 
- Pasang atap peneduh untuk mencegah tumbuhnya lumut di kolam.
 
- Kolam yang sudah tergenang air tersebut dibiarkan selama satu ahad biar gas yang dihasilkan dari kotoran ayam hilang. Cirinya, media sudah tidak beraroma bau lagi.
 
- Tebarkan 0,5 liter gumpalan cacing rambut dengan cara menyiramnya terlebih dahulu di dalam ember atau bejana biar gumpalannya buyar.
 
- Cacing rambut yg sudah terurai dan terberai berai ini kemudian ditebarkan di kolam budidaya ke seluruh permukaan kolam secara merata.
 
- Seterusnya atur fatwa air dengan pipa paralon berukuran 2/3 inci Penggunaan ukuran paralon ini biar debit air yang keluar tidak terlalu deras.

Baca Juga ;





Cacing rambut atau cacing sutera sanggup di budiyakan dengan intensif. Teknik budidaya cacing sutera ini sangatlah menguntungkan.

 
 Mengenal Cacing Rambut