Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Bulu Burung Puyuh Yang Rontok

Bagaimana cara mengatasi bulu burung puyuh yang rontok? Semua jenis burung puyuh niscaya mengalami suatu siklus yang disebut molting. Molting atau mabung ialah kejadian merontokkan bulu pada unggas untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Proses ini biasanya terjadi sekitar 1,5-2 bulan lamanya. Selama masa molting, kondisi burung puyuh tetap sehat serta tidak memperlihatkan gejala-gejala sakit menyerupai lesu atau malas.

Apabila kerontokan bulu tersebut disertai dengan menurunnya kesehatan artinya ada sesuatu yang tidak beres dari burung puyuh milik Anda. Kemungkinan besar burung puyuh tadi sedang mengalami stres atau sakit. Bisa pula disebabkan oleh gangguan kutu, tungau, atau gurem yang menyebabkan rasa gatal sehingga burung tadi mematuk-matuk bulunya sendiri. Penyebab lainnya ialah burung puyuh kekurangan vitamin dan protein, sangkar yang tidak nyaman, atau gangguan dari hewan predator.

Anda sanggup menyidik kondisi kandang dan kebersihannya. Usahakan sangkar tersebut selama dalam kondisi yang higienis dan sehat. Usahakan penempatannya di letakkan di area yang tenang. Jika perlu, mandikan burung puyuh yang bermasalah tadi minimal setiap 2 hari sekali. Gunakan sampo khusus untuk memandikannya biar kondisi tubuh pun menjadi lebih higienis dan segar. Jangan lupa menjemur setelahnya ya.

Bagaimana cara mengatasi bulu burung puyuh yang rontok Cara Mengatasi Bulu Burung Puyuh yang Rontok

Ada kalanya burung puyuh mengalami kerontokan bulu yang tak berkesudahan. Gangguan kesehatan ini biasa dikenal dengan istilah stuck in the molting. Ciri-cirinya antara lain terdapat bulu halus yang berjatuhan di sangkar hampir setiap hari dan diselingi oleh kerontokan pada bulu yang berukuran besar. Biang keroknya tidak lain ialah burung kekurangan zat-zat nutrisi yang berperan penting dalam mendukung pembentukan bulu.

Seyogianya burung puyuh yang tengah menjalani masa molting mendapat asupan gizi yang lebih banyak dari biasanya. Pemberian porsi pakannya juga harus ditambah. Burung puyuh ini wajib memperoleh materi masakan yang mengandung nutrisi lengkap mencakup biji-bijian, sayuran, dan vitamin. Begitu pula dengan jumlah masakan komplemen pemberiannya harus ditingkatkan porsinya.

Burung puyuh yang terkena gangguan stuck in the molting wajib diberikan terapi secara tepat. Caranya yakni melalui pertolongan obat yang memiliki kandungan lysine, methionin, dan triptophan. Silakan berikan obat tersebut sesuai dengan petunjuk yang terlampir pada kemasannya. Dengan memperlihatkan obat ini, proses perontokan bulu pada burung puyuh akan simpulan dan kondisi kesehatannya pun normal kembali.