Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nih, Cara Vaksinasi Ayam Melalui Air Minum!

Bagaimana proses vaksinasi ayam melalui air minum? Ayam yang Anda budidayakan harus diberikan vaksinasi secara berkala. Hal ini bertujuan untuk menjaga sistem kekebalan badan pada ayam tersebut serta menguatkan sistem imunitasnya dari serangan wabah penyakit tertentu. Pelaksanaan vaksinasi pada ayam harus dilakukan secara sempurna di semua aspek sehingga hasilnya pun memuaskan.

Salah satu metode yang paling gampang dalam pemberian vaksin kepada ayam ialah melalui air minum. Secara prinsip, prosesnya dilakukan dengan mencampurkan vaksin ke air kemudian biarkan ayam-ayam peliharaan meminumnya. Namun sebab ada kemungkinan ayam yang minumnya sedikit atau kekurangan minuman karenanya vaksinasi pun tidak berjalan maksimal. Beberapa peternak mengakalinya dengan menambahkan takaran vaksin yang pada karenanya juga ikut menaikkan biaya.

Mengingat metodenya yang sangat gampang dan minim risiko, cara santunan vaksin pada ayam sanggup dilakukan oleh Anda yang masih pemula. Setelah Anda berhasil melakukan vaksinasi kepada ayam peliharaan sendiri melalui air minum sebaiknya terus berguru teknik lain yang lebih advance. Bahkan jikalau sudah menguasai vaksinasi dengan metode suntik, Anda sanggup memangkas biaya produksi secara signifikan.

Bagaimana proses vaksinasi ayam melalui air minum Nih, Cara Vaksinasi Ayam Melalui Air Minum!

Beberapa faktor yang turut memilih keberhasilan vaksinasi ayam di antaranya :

  1. Vaksin wajib dijaga dengan baik supaya mutunya tetap terjaga.
  2. Ayam yang akan diberi vaksin harus sehat dan tidak stres.
  3. Ayam mempunyai nutrisi yang baik.
  4. Kandang mempunyai lingkungan dan sanitasi yang baik.
  5. Vaksinasi dilakukan di waktu dan umur ayam yang tepat.
  6. Peralatan yang digunakan haru dalam keadaan steril.

Aturan dasar untuk santunan vaksin kepada ayam memakai media air minum ialah dosisnya yang perlu ditambah hingga dua kali lipatnya. Tujuannya supaya semua ayam sanggup mendapat vaksin dengan jumlah minimal, baik ayam yang minum sedikit maupun ayam yang belakangan minum. Contohnya jikalau terdapat ayam sebanyak 500 ekor maka vaksin yang diberikan mencapai 1000 dosis.

Di bawah ini tata cara dalam pelaksanaannya!

  1. Biarkanlah ayam puasa minimal selama 3 jam, mulai dari pukul 6 pagi hingga 9 pagi. Keluarkan semua daerah air minum dari dalam kandang, kemudian bersihkan. Disarankan untuk merendam wadah tersebut di air panas dan menjemurnya di bawah terik matahari supaya steril.
  2. Siapkan air yang akan dicampur vaksin. Jumlah air minum yang diberikan sekitar 100 cc/ekor. Sehingga kalau ada 500 ekor ayam, maka air yang perlu disediakan sebanyak 500 ekor dikalikan 100 cc sama dengan 50 liter. Kalau perlu, tambahkan susu skim ke dalam air tersebut untuk menetralkan kandungan zat-zat logam di dalamnya.
  3. Ambil vaksin sesuai jumlah yang dibutuhkan. Bukalah belahan epilog vaksin ini, kemudian tuangkan pada air minum. Aduklah secara perlahan biar wujud vaksin yang tadinya berupa gumpalan menyerupai tepung sanggup larut dengan air. Setelah tercampur rata, air vaksin ini siap untuk diberikan kepada ayam.
  4. Sebaiknya gunakan daerah minum yang lebih banyak daripada biasanya supaya semua ayam sanggup lekas meminum air vaksin ini. Tempat minum yang digunakan harus sanggup bangun kokoh serta sulit diambrukkan. Bila Anda melihat ayam yang malas meminum air vaksin, bantulah dia. Sebaliknya untuk ayam yang sudah terlalu banyak minum segera disingkirkan supaya ayam lain juga kebagian.
  5. Biarkan ayam-ayam peliharaan Anda meminum air vaksin hingga hampir habis. Tempat minum bekas santunan vaksin tadi sanggup dibersihkan terlebih dahulu atau eksklusif diberi pemanis air sumur pun tidak masalah. Sedangkan untuk botol-botol bekas vaksin harus ditimbun di lubang tanah dengan kedalaman minimal 30 cm supaya aman.