Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Bebek

Bagaimana cara meningkatkan nafsu makan belibis petelur? Semua peternak bebek, khususnya belibis pedaging, tentu menginginkan semoga belibis peliharaannya tersebut mempunyai nafsu makan yang tinggi. Semakin banyak jumlah pakan yang dikonsumsi oleh seekor bebek, maka semakin cepat pula tingkat pertumbuhannya. Hal ini sejalan dengan sasaran pasar yang sangat menitikberatkan bobot bebek. Berbeda dengan belibis petelur yang sebaiknya diberi pakan sewajarnya untuk menjaga kestabilan produktivitas.

Setidaknya terdapat lima faktor yang mempengaruhi tingkat responsifitas bebek terhadap pakan yang diberikan untuknya. Di antaranya mencakup kondisi kesehatan bebek, temperatur udara, kadar amoniak di dalam kandang, tingkat stres bebek, serta kualitas pakan dan air. Apabila kelima faktor di atas sudah berhasil kita kontrol dengan baik tetapi belibis masih terlihat enggan makan berarti Anda harus menawarkan perlakuan khusus yang bertujuan untuk meningkatkan nafsu makannya.

Bagaimana cara meningkatkan nafsu makan belibis petelur 5 Cara Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Bebek

Berikut di antaranya :

  1. Menambahkan Penyedap Rasa ke Pakan

Ternyata bukan hanya insan yang suka dengan penyedap rasa, belibis pun sangat menyukai pakan yang telah diberi pemanis vetsin/MSG ini. Penambahan penyedap rasa sebanyak 3 gram/kg pakan terbukti bisa meningkatkan nafsu makannya. Bebek pun kian lahap menghabiskan pakan yang telah diberi pemanis vetsin sehingga tingkat pertumbuhannya pun naik drastis. Namun dihimbau untuk tidak berlebihan dalam menambahkan penyedap rasa lantaran sanggup mempengaruhi kesehatan belibis tersebut.

  1. Memberikan Jamu Daun Pepaya

Daun pepaya sudah usang dikenal sanggup dibentuk menjadi obat penambah nafsu makan. Begitu pula untuk bebek, air daun pepaya bisa diberikan supaya nafsu makannya meningkat. Daun pepaya mengandung flavanoid yang sanggup memperbaiki daya tahan badan serta mencegah timbulnya nyeri di dalam perut. Rutin menawarkan air daun pepaya akan menciptakan belibis senantiasa segar dan bugar sehingga nafsu makannya pun terjaga.

  1. Mencampurkan Obat-obatan Herbal

Ada cukup banyak tumbuhan herbal yang berguna untuk meningkatkan nafsu makan bebek. Anda bisa memakai kunyit, bawang putih, temulawak, brotowali, lempuyang, dan temu ireng. Pemberian obat-obatan herbal ini akan merangsang peningkatan kebutuhan glukosa yang banyak tersedia di pakan. Dalam pemberiannya, obat herbal ini bisa diberikan eksklusif begitu saja atau dicampurkan dengan pakan bebek.

  1. Menuangkan Probiotik ke Pakan

Probiotik banyak mengandung basil baik yang sanggup menjaga fungsi sistem pencernaan di dalam perut bebek. Anda juga bisa memakai synbiotic yang merupakan gabungan karbohidrat dan probiotik. Kedua produk ini sudah dijual bebas di pasar binatang sehingga Anda sanggup menemukannya dengan mudah. Berikanlah probiotik/synbiotic dengan dosis sesuai petunjuk di kemasannya.

  1. Membuat Kondisi Pakannya Basah

Bebek terang tidak menyukai pakan yang kondisinya kering. Jika dipaksakan, ia hanya akan memakan sedikit dari pakan tersebut. Itu sebabnya, Anda harus selalu menawarkan pakan yang basah. Pastikan pakan tersebut mengandung air dengan kadar yang berkisar antara 18-20 persen. Pemberian pakan dalam jumlah yang secukupnya dan berulang lebih baik daripada memberikannya pakan dalam jumlah banyak sekaligus.