Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Penyakit Mata Pada Kelinci

Ada aneka macam orang yang menentukan kelinci sebagai hewan peliharaannya. Hal ini dikarenakan kelinci terbilang sangat jinak sehingga kondusif bagi semua orang. Kelinci pun memiliki perangai yang sangat lucu dengan mimik muka yang begitu menggemaskan. Sayangnya daya tahan tubuhnya lemah. Kelinci cukup simpel terkena penyakit. Salah satunya ialah penyakit mata.

Penyakit mata pada kelinci sanggup disebabkan oleh iritasi bubuk maupun bakteri. Kelinci yang tengah sakit biasanya ditandai dengan matanya yang berwarna kemerah-merahan, banyak terdapat kotoran mata/belek, hingga sering menutup matanya. Pengobatan harus cepat dilakukan sesegera mungkin supaya penyakit tersebut tidak menular ke kelinci-kelinci lain yang sehat. Selain itu, penyakit mata yang tidak segera diobati sanggup menjadikan kebutaan.

Ada aneka macam orang yang menentukan kelinci sebagai hewan peliharaannya Cara Mengobati Penyakit Mata pada Kelinci

Para peternak umumnya memperlihatkan pengobatan terhadap sakit mata yang menjangkiti kelinci memakai obat mata manusia. Merek yang kerap digunakan contohnya menyerupai Ins*o dan Roh*o. Karena kedua obat mata ini terbukti sanggup menyembuhkan sakit mata pada manusia, maka kemungkinan besar niscaya bekerja manis pula untuk kelinci. Ada juga yang lebih menentukan metode pengobatan herbal memakai air daun sirih. Namun kadang kala diharapkan obat mata khusus untuk kelinci untuk mengatasi penyakit ini.

Adapun obat mata yang banyak digunakan oleh para peternak kelinci di Indonesia khususnya yaitu Cendo. Terdapat tiga jenis produk Cendo yaitu Cendo Asthenof, Cendo Catarlent, dan Cendo Xitrol. Harga obat ini berkisar antara Rp30-35 ribu. Anda sanggup membelinya di apotek terdekat. Isinya cukup banyak sehingga sanggup digunakan beberapa kali.

  • Cendo Asthenof sanggup digunakan untuk mengatasi sakit mata ringan lantaran stres, debu, atau iritasi.
  • Cendo Catarlent bermanfaat untuk mengobati sakit mata ringan akhir katarak atau iritasi yang sudah lama.
  • Cendo Xitrol sanggup digunakan untuk membantu menyembuhkan sakit mata berat, di mana mata tampak merah, kondisi tertutup, dan dipenuhi kotoran/belek.

Berikan obat-obat di atas dengan takaran sesuai hukum pemakaian yang tercantum pada kemasannya. Kelinci yang sedang sakit mata sebaiknya dipindahkan dari kandang kelinci utama ke sangkar karantina untuk sementara waktu supaya tidak menularkan penyakitnya kepada kelinci yang lain. Pengobatan harus senantiasa dilakukan hingga mata kelinci tersebut benar-benar sembuh kembali. Semoga berhasil!