Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Bulu Kelinci Gimbal Dan Cara Mengatasinya

Apakah penyebab bulu kelinci menjadi gimbal? Bagaimana pula cara mengatasinya? Pada dasarnya, kelinci memiliki bulu yang halus dan lembut. Namun sebab faktor tertentu, bulu tersebut akan bermetamorfosis kusut dan tidak sedap dipandang mata. Bagi peternak, menjual kelinci yang bulunya tidak elok akan mengurangi nilai jualnya. Pembeli kelinci hias selalu mengutamakan kondisi bulu dalam pemilihannya.

Tahukah Anda, penyebab utama bulu kelinci bermetamorfosis gimbal yaitu air seni kelinci itu sendiri. Hal tersebut tidak terlepas dari kebiasaan hewan ini yang suka membuang kencing sembarangan. Lambat laun ganjal sangkar pun akan kotor dan merembet mengotori bulu kelinci hingga menimbulkan kerusakan. Masalah serius dapat terjadi manakala kondisi ganjal sangkar berair oleh air seni hingga mengenai bulu dan mengakibatkannya gimbal.

Bulu kelinci hias yang gimbal tentu akan menjadikan penampilannya kelihatan tidak menarik. Bahkan sebab saking jeleknya, tidak ada pembeli yang mau menyentuh kelinci hias tersebut. Oleh sebab itu, Anda wajib mengatasi bulu kelinci yang gimbal tersebut dalam waktu yang sesegera mungkin. Tetapi bagaimana langkah-langkah caranya yang paling sempurna ya?

Apakah penyebab bulu kelinci menjadi gimbal Penyebab Bulu Kelinci Gimbal dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya gampang sekali kok untuk mengatasi bulu kelinci semoga tidak gimbal. Hanya saja proses pemulihannya yang akan memakan waktu lama. Anda dapat memulainya dengan memegangi kelinci tersebut dengan berpengaruh terlebih dahulu. Kemudian carilah bulu yang kondisinya sudah gimbal. Biasanya gimbal pada bulu kelinci terjadi dalam area yang cukup luas dan hampir hingga ke potongan pangkal bulu.

SOLUSI

Metode yang paling sempurna untuk menghilangkan bulu gimbal pada kelinci yaitu pemangkasan/pencukuran pada bulu yang telah rusak tadi. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menggunakan gunting, tanpa alat cukur. Guntinglah bulu kelinci yang gimbal tadi hingga ke potongan pangkal rambutnya. Hati-hati ketika memotong bulu tersebut, jangan hingga melukai kulit kelinci. Sebaiknya pemangkasan ini hanya dilakukan pada potongan bulu yang gimbal saja. Sebab bila Anda mencukur habis bulu kelinci tadi hingga gundul, maka ia akan sulit melindungi tubuhnya dari cuaca. Setelah tamat dipotong, bulu kelinci tadi akan tumbuh normal kembali sekitar 3-4 ahad dengan kondisi yang halus, bersih, dan lembut.