Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menyembuhkan Kelinci Yang Lumpuh

Bagaimana cara menyembuhkan kelinci yang lumpuh? Penyakit lumpuh sanggup menimpa setiap kelinci yang kita budidayakan. Terjadinya penyakit ini biasanya secara tiba-tiba dalam artian tidak ada tanda-tanda awal yang tampak mencolok pada kelinci yang akan lumpuh. Malahan kelinci yang pagi harinya terlihat sehat dan segar-bugar, tetapi sore harinya terkena kelumpuhan.

Dalam dunia medis, penyakit lumpuh yang menyerang kelinci dikenal dengan istilah milk fever. Penyebab utamanya ialah tulang kekurangan zat kalsium. Kelinci yang paling sering terkena lumpuh ialah kelinci yang gres melahirkan, kelinci yang sedang menyusui, dan kelinci remaja yang berusia sekitar 2-3 bulan. Pencegahannya sanggup dilakukan dengan memperlihatkan pelet yang kaya akan kalsium.

Bagaimana cara menyembuhkan kelinci yang lumpuh 5 Cara Menyembuhkan Kelinci yang Lumpuh

Kelinci yang terkena kelumpuhan harus diobati sesegera mungkin. Jika tidak, penyakit ini akan semakin parah sampai berujung pada kematian. Beberapa tindakan yang perlu dilakukan guna menangani kelinci yang lumpuh antara lain :

  1. Vitamin D sangat berkhasiat untuk mengembalikan kondisi kelinci yang sakit lumpuh. Anda sanggup mendapat vitamin D secara gratis dari sinar matahari pada pukul 7-9 pagi. Selama kelinci sakit Anda sanggup menjemurnya setiap hari. Kemudian pasang pula bohlam yang berdaya minimal 25 watt supaya kelinci tersebut tetap mendapat vitamin D pada malam hari. Perlu diketahui, vitamin D akan diproduksi oleh badan di lapisan kulit.
  2. Kelumpuhan juga sanggup terjadi pada kelinci yang kekurangan air minum. Akibatnya proses penyerapan kalsium di dalam usus halus tidak sanggup berlangsung dengan baik. Berikan air pada kelinci yang sedang lumpuh secukupnya secara teratur. Hindarkan pula ia dari air embun lantaran tidak cantik untuk kesehatannya.
  3. Kalsium yang diolah di dalam usus kelinci dihentikan dalam kondisi mengendap atas alasannya yaitu materi masakan lain. Namun lantaran kekurangtahuan peternak alhasil kelinci diberikan pakan yang sanggup menimbulkan terjadinya gumpalan kalsium oksalat yang tidak gampang dicerna oleh usus. Hal ini mengakibatkan tulang akan kekurangan kalsium. Beberapa pakan yang harus Anda waspadai di antaranya kangkung, bayam, daun katuk, dan rumput setaria.
  4. Kelinci yang kelebihan lemak memang sanggup menimbulkan timbulnya banyak penyakit. Tetapi jikalau kelinci tadi kekurangan lemak, kelinci akan mengalami kelumpuhan. Lemak diperlukan oleh badan kelinci sebagai media pengangkutan vitamin D ke seluruh tubuh. Makara usahakan Anda menakar dengan benar berapa kandungan lemak yang terdapat di dalam pakan kelinci.
  5. Menurunnya nafsu makan menciptakan kelinci enggan mengonsumsi apapun sampai alhasil kekurangan nutrisi. Faktor penyebabnya sanggup bermacam-macam. Tapi faktor yang paling besar lengan berkuasa ialah kelinci sedang terkena penyakit. Sebaiknya Anda segera memperlihatkan pengobatan yang sempurna supaya penyakit tersebut tidak bertambah parah sampai menciptakan kelinci menjadi lumpuh.