Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Pakan Yang Tidak Baik Untuk Kelinci

Apakah pakan-pakan yang tidak baik untuk kelinci? Pada dasarnya, kelinci merupakan binatang yang mengonsumsi tumbuh-tumbuhan. Kaprikornus selain rumput, Anda pun sanggup memberikannya sayur-mayur. Tapi tahukah Anda jika tidak semua sayuran itu manis untuk kelinci. Ada sayuran yang terlalu banyak mengandung air atau glukosa yang justru sanggup mengakibatkan terganggunya sistem pencernaan kelinci.

Nah buat Anda khususnya para peternak kelinci pemula, Anda sebaiknya mencatat baik-baik daftar sayuran berikut ini. Kaprikornus niat baik Anda untuk memperlihatkan pakan kepada kelinci peliharaan tidak berujung pada malapetaka. Hindarilah memakai sayur-sayuran ini sebagai pakan kelinci meskipun dalam jumlah yang sedikit. Sebab sayuran ini sanggup menimbulkan penyakit yang serius hingga berujung ke kematian.

 kelinci merupakan binatang yang mengonsumsi tumbuh 3 Pakan yang Tidak Baik untuk Kelinci

Berikut ini beberapa kelompok sayuran yang sebaiknya dihindari untuk diberikan kepada kelinci , yaitu :

  1. Pakan yang Banyak Mengandung Air

Kubis, kol, sawi, kangkung, dan bayam dengan sangat gampang sanggup kita jumpai di pasar dan harganya pun terhitung murah. Tetapi memperlihatkan sayuran tadi kepada kelinci dalam jangka waktu yang usang akan membuatnya kembung hingga berujung kematian. Ini dikarenakan kol terlalu banyak menyimpan air, mengandung gas, dan mempunyai serat yang tinggi. Anda sanggup sesekali memperlihatkan kubis kepada kelinci dengan menjemurnya terlebih dahulu selama 6-8 jam sebelumnya.

  1. Pakan yang Memiliki Tekstur Kasar

Perlu diketahui, sistem pencernaan di dalam badan kelinci berkonsentrasi di usus besar. Pemberian pakan yang teksturnya terlalu bergairah akan membuatnya sulit dicerna hingga menimbulkan luka. Contoh dari sayur-sayuran menyerupai ini yaitu rumput gajah, rebung, kentang, dan kacang-kacangan. Sebisa mungkin hindarilah memperlihatkan kelinci berupa pakan-pakan tersebut. Kalau misal Anda terpaksa memakan pakan ini, cobalah merebusnya hingga teksturnya menjadi lunak terlebih dahulu.

  1. Pakan yang Tinggi akan Glukosa

Zat glukosa bukannya tidak manis untuk kelinci. Namun kelinci yang kebanyakan mengonsumsi glukosa akan terganggu kesehatannya. Ada beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh zat glukosa ini. Kami akan menjelaskannya secara lengkap di artikel selanjutnya. Salah satunya yang paling sering terjadi yaitu gigi kelinci ini gampang mengalami kerontokan. Contoh sayuran yang tinggi akan glukosa antara lain jagung, bit, terong, tomat, dan buah-buahan.