Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memandikan Kelinci Yang Benar

Bagaimana cara memandikan kelinci yang benar? Ada banyak orang yang memiliki hobi unik ialah memelihara kelinci. Selain kelinci lokal, mereka juga suka dengan kelinci impor menyerupai anggora, lion head, dan australia alasannya memiliki bulu yang panjang. Bahkan tidak sedikit dari penghobi kelinci hias ini yang mengaku rela merogoh uang berlebih untuk memanjakan kelinci-kelinci kesayangannya.

Kelinci memang termasuk salah satu hewan yang paling imut di dunia. Mulutnya yang selalu tersenyum menciptakan mimik wajah kelinci kelihatan sangat menggemaskan. Apalagi untuk kelinci hias yang notabene memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan kelinci potong. Kelinci hias harus selalu tampil higienis supaya daya tariknya tetap terjaga. Kita pun akan tetap kondusif ketika bermain-main dengan kelinci hias tersebut.

Bagaimana cara memandikan kelinci yang benar Cara Memandikan Kelinci yang Benar

Biar tubuhnya selalu bersih, kelinci punya Anda pun perlu mandi. Tidak susah kok untuk memandikannya. Anda dapat mengikut langkah-langkah memandikan kelinci secara sempurna di bawah ini :

Peralatan yang perlu disiapkan :

  • Bak mandi
  • Peralatan keramas
  • Sampo
  • Handuk
  • Hair dryer
  • Bedak
  • Sisir
  • Air hangat
  • Cotton bud
  • Baby oil
  • Gunting kuku
  • Cologne untuk bayi

Langkah-langkah memandikan kelinci :

  1. Persiapan Awal

Siapkan area khusus yang akan menjadi daerah untuk memandikan kelinci. Anda boleh menggunakan kamar mandi di rumah, tetapi usahakan supaya proses ini tidak mencemari air yang lingkungan kamar mandi tersebut. Kemudian letakkan dua kolam mandi yang telah diisi air hangat, satu kolam untuk mandi dan lainnya untuk membilas badan kelinci. Tidak perlu mengisi kolam dengan air hingga penuh, cukup setengah dari tinggi kelinci kira-kira 15-20 cm.

  1. Pemandian Kelinci

Tutup kedua pendengaran kelinci menggunakan kapas yang higienis untuk mencegah kemasukan air. Angkat kelinci dengan teknik yang benar, kemudian masukkan ke kolam yang digunakan untuk mandi. Posisikan badan kelinci tersebut membelakangi Anda sehingga tubuhnya lebih gampang dipegang dan tidak berontak. Usapkan air hangat perlahan-lahan ke badan kelinci dari belahan depan ke belakang. Basuhkan air hangat ini hingga menembus ke permukaan kulit.

  1. Pengeramasan Bulu Kelinci

Kelinci yang sudah cukup berair lantas dikeluarkan dari kolam dan ditempatkan di lantai kamar mandi untuk diberi sampo. Gunakan sampo khusus untuk kelinci, hingga kucing, atau hingga bayi. Pakai sampo secukupnya, kemudian usapkan ke seluruh badan kelinci hingga merata. Berikan perhatian yang lebih pada badan kelinci yang gampang kotor dan sulit dijangkau menyerupai telapak kaki, sekitar anus, dan daun telinga. Berikan pijatan yang lembut supaya sampo tadi dapat meresap ke pori-pori kulit.

  1. Pembilasan Kelinci

Kelinci lantas di masukkan ke kolam mandi kedua yang berfungsi sebagai daerah pembilasannya. Pegang kelinci dengan posisi yang mantap, kemudian guyur tubuhnya menggunakan air hangat secara perlahan sambil diusap rambutnya menggunakan tangan. Guyur berulang-ulang menggunakan air hangat hingga bulu kelinci tadi benar-benar higienis dari sampo.

  1. Pengeringan Bulu

Kelinci yang sudah rampung dimandikan harus dikeringkan tubuhnya secepat mungkin. Jika tidak kelinci tersebut akan merasa kedinginan dan kesudahannya jatuh sakit. Untuk mengeringkannya, Anda cukup menggunakan handuk yang bersih. Kalau Anda punya hair dryer juga dapat digunakan untuk mengeringkan bulu kelinci. Setelah kondisinya cukup kering, bulu kelinci tadi dapat disisir hingga halus.

  1. Pembersihan Telinga dan Kuku

Tidak hanya bulu kelinci yang perlu dibersihkan, Anda wajib memperhatikan kebersihan kuku dan pendengaran kelinci tersebut. Anda dapat membersihkan pendengaran kelinci menggunakan cotton bud yang telah diolesi baby oil. Setelah itu, rapikan kuku-kuku kelinci dengan memotong secukupnya.

  1. Penaburan Bedak dan Cologne

Biar bulu kelinci lebih sehat dan terlindungi, taburkan bedak khusus ke seluruh tubuhnya. Berikan perhatian yang lebih pada area di sekitar alat kelaminnya supaya tidak berbau. Nah supaya tambah wangi, Anda juga dapat menyemprotkan cologne khusus hewan hias ke kelinci kesayangan Anda ini. Kini kelinci pun sudah anggun kembali dan siap untuk diajak bermain-main.