Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melatih Burung Hantu Ala Profesional

Bagaimana caranya melatih burung hantu? Ada berbagai orang yang merasa tertarik untuk memelihara burung hantu. Alasannya sebab burung ini lebih dari sekadar binatang peliharaan. Jika dirawat dengan benar, burung hantu bisa menjadi partner atau sobat kita. Burung ini bahkan bisa dilatih supaya jinak, lengket, dan tidak mau pergi dari kita.

Masalahnya melatih burung hantu itu tidak semudah yang Anda kira. Dibutuhkan ketekunan untuk menawarkan latihan secara terpola terhadap burung ini setiap hari. Latihannya pun harus dilakukan menggunakan perasaan, dari hati ke hati, dan dihentikan dipaksakan sama sekali. Karena merupakan binatang nokturnal, latihan burung hantu wajib dilaksanakan pada malam hari. Lambat laun, burung tersebut akan dekat dengan keberadaan kita.

 Ada berbagai orang yang merasa tertarik untuk memelihara burung hantu Cara Melatih Burung Hantu ala Profesional

Jika Anda dikala ini sudah mempunyai burung hantu sendiri, Anda bisa melatihnya dengan kiat-kiat sebagai berikut :

Pakan sebagai Umpan

Soal pakan, burung hantu sangat menyukai burung puyuh, burung emprit, tikus putih, dan jangkrik. Khusus untuk burung hantu yang berjenis kecil menyerupai Scop, Anda bisa menggunakan jangkrik sebagai pakan utamanya. Dalam setiap derma makanan, berikan jangkrik hingga sebanyak 10-13 ekor. Berbeda dengan burung hantu jenis besar menyerupai Tyto Alba, jangkrik hanya digunakan untuk kuliner selingan sebab kandungan nutrisinya tidak bisa mencukupi kebutuhan gizi burung tersebut. Hindari menawarkan pakan kepada burung hantu berupa kecoa, cicak, ulat, cacing, tikus got, tokek, emprit yang diwarnai, dan ikan kecuali untuk burung hantu jenis Buffy Fish.

Sebelum diberikan kepada burung hantu, pakan-pakan tadi wajib dikarantina terlebih dahulu. Hal ini mempunyai kegunaan untuk mencegah tertularnya burung hantu oleh suatu penyakit yang terbawa oleh pakan tersebut. Karantina diberlakukan selama kurang lebih 3-5 hari. Jika pakan tetap hidup selepas masa karantina, maka Anda bisa pribadi memberikannya kepada burung hantu. Berikanlah pakan dalam kondisi masih hidup dan biarkan burung hantu memburunya sendiri biar instingnya tetap terlatih dengan baik.

Latihan Pertama - FOF

Latihan pertama dari kami yang bertujuan untuk mengakrabkan diri Anda dengan burung hantu sehingga burung tersebut tidak merasa takut lagi untuk mendekati Anda. Latihan dimulai dengan meletakkan burung di atas pergelangan tangan Anda. Kemudian berikan burung ini kuliner kesukaannya menggunakan tangan Anda yang satunya lagi. Sembari menawarkan pakan, sebutlah nama burung tersebut berkali-kali atau gunakan peluit setiap kali hendak memberikannya makanan. Dengan begini, mereka akan terbiasa menghampiri Anda untuk meminta pakan ketika dipanggil namanya.

Latihan Kedua - JTTF

Setelah latihan pertama telah dianggap berhasil dan burung hantu mau tiba ketika dipanggil namanya, Anda bisa berlanjut ke latihan kedua. Tujuan latihan ini yaitu burung hantu mau berpindah dari tenggeran ke pergelangan tangan Anda serta merasa nyaman di sana. Mulailah dengan meletakkan burung hantu di tenggeran. Lalu dekatkan tangan Anda dan panggil namanya supaya burung mau berpindah ke tangan. Jika tidak mau, Anda bisa memancingnya menggunakan umpan. Tetapi jika Anda tetap gagal melaksanakan ini, artinya burung hantu belum berhasil melaksanakan latihan pertama sehingga perlu diulangi dari awal lagi.

Latihan Ketiga - FTTF

Latihan ketiga menyerupai mirip latihan kedua. Bentuk latihannya pun dilakukan sama persis. Bedanya jarak antara tangan dan tenggeran minimal sejauh 1 meter sehingga burung hantu harus terbang dari tenggeran untuk hinggap ke pergelangan tangan. Anda bisa menggunakan umpan apabila burung hantu tidak merespons dikala dipanggil. Jika umpan juga tidak bisa menggodanya untuk terbang berpindah tempat, Anda bisa mengurangi porsi makanannya. Jangan pernah menghukum burung hantu dengan berpuasa sebab mereka tidak pernah melaksanakan ini di alam liarnya.

Latihan Keempat - FF

Ini beliau puncak dari latihan burung hantu kesayangan Anda. Untuk hingga ke tahap ini, Anda mungkin butuh waktu lebih dari setahun. Makara kesabaran dan ketelatenan Anda dalam melatih burung hantu akan sangat diperlukan. Pada latihan ini, Anda diharuskan membiasakan burung hantu untuk menawarkan respons setiap kali ia dipanggil namanya. Cobalah panggil nama burung tersebut dan ajarkan ia untuk segera tiba mendekat. Latihan dilaksanakan secara bertahap dengan menambah jaraknya bertahap hingga sejauh 20-30 m.