Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan

Apakah penyebab kelinci tidak mau makan yang sebenarnya? Memelihara kelinci sanggup menjadi sebuah hobi yang sangat menyenangkan. Tingkah laris kelinci yang sangat lucu akan menghibur kita setiap hari selepas dari pulang beraktivitas. Kelinci pun tidak susah untuk diajak bermain. Cukup dengan menyodorkannya sayur-sayuran, maka kelinci tadi akan pribadi tiba menghampiri kita.

Tetapi apa risikonya kalau kelinci yang biasanya tampak ceria bermetamorfosis lesu dan murung? Kelinci yang pada mulanya bahagia bergerak ke sana kemari tiba-tiba hanya mau berdiam diri saja di salah satu sudut ruangan. Besar kemungkinannya kelinci tadi sedang mengalami masalah. Entah itu stres atau penyakit yang menciptakan nafsu makannya menurun. Namun kelinci yang mogok makan sanggup juga disebabkan lantaran ia memang tidak doyan dengan pakan yang Anda berikan.

Apakah penyebab kelinci tidak mau makan yang gotong royong 3 Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan

Sebagai peternak, Anda wajib memperhatikan perhatian terhadap kondisi dan sikap kelinci-kelinci yang dimiliki. Apabila ada kelinci yang tidak mau makan, segeralah cari tahu apa penyebab yang gotong royong semoga Anda sanggup memperlihatkan penanganan yang tepat. Setidaknya terdapat tiga penyebab utama dari problem ini, di antaranya :

Penyebab I : Kelinci Sedang Stres

Ternyata tidak hanya insan yang sanggup mengalami stres lho, bahkan batin kelinci pun sanggup menjadi tertekan kalau sedang menghadapi problem yang serius. Kelinci yang stres sanggup dikarenakan oleh banyak faktor. Contohnya kondisi lingkungan kandang yang tidak ideal, adanya predator di sekitar kelinci tadi, atau kelinci yang kurang mendapat perhatian dari Anda. Untuk menyembuhkannya, Anda sanggup melepaskan kelinci ini di sangkar umbaran dan memberinya pakan berupa hijauan.

Penyebab II : Pakan Tidak Cocok

Anda perlu mengubah pakan kelinci secara terencana untuk memenuhi kebutuhan gizinya, mencegah kebosanan, dan menghemat anggaran. Tetapi adakala ada jenis pakan yang kurang disukai oleh kelinci. Akibatnya kelinci tersebut pun sama sekali enggan memakannya. Solusinya ialah Anda sanggup mencampur pakan yang tidak cocok ini dengan pakan yang disukai kelinci. Bisa juga dengan menambahkan madu, gula, atau susu secukupnya pada pakan tadi.

Penyebab III : Kelinci akan Sakit

Salah satu tanda-tanda awal kelinci yang akan menderita penyakit ialah nafsu makannya menurun drastis. Kelinci yang memperlihatkan tanda ini sebaiknya dipindahkan ke sangkar karantina semoga tidak menularkan penyakitnya ke kelinci-kelinci yang lain. Kemudian Anda sanggup memberinya obat-obatan yang sempurna serta vitamin untuk meningkatkan sistem imunitasnya. Bila perlu, kelinci tersebut pun sanggup disuapi susu untuk menjaga ketersediaan cairan di dalam tubuhnya.