Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Flora Tidak Berbuah

Apakah penyebab-penyebab tumbuhan tidak berbuah? Seiring dengan meningkatnya informasi pemanasan global, banyak orang yang berupaya untuk menanam tumbuh-tumbuhan di pekarangan rumahnya. Tidak sedikit dari mereka yang menentukan tumbuhan berbuah lantaran selain rindang, buahnya pun sanggup dikonsumsi.

Menanam bibit tumbuhan berbuah memang cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan lubang tanam di salah satu sudut pekarangan yang biasanya berukuran 30 x 30 cm dengan kedalaman sekitar 50-80 cm. Setelah bibit tersebut ditanamkan, lakukan upaya-upaya untuk memeliharanya. Meliputi penyiraman, penyiangan, pemupukan, pemangkasan, serta pengendalian hama dan penyakit.

 Seiring dengan meningkatnya informasi pemanasan global 6 Penyebab Tanaman Tidak Berbuah

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas suatu tanaman dalam menghasilkan buah. Di antaranya adalah :

  1. Sifat Tanaman

Bibit tumbuhan yang berasal dari pohon indukan yang tergolong varietas unggul biasanya akan lebih gampang berbuah. Sebaliknya pohon indukan yang mandul akan menurunkan sifatnya tersebut ke bibit-bibit tumbuhan yang dihasilkannya.

  1. Syarat Hidup

Setiap tumbuhan mempunyai habitat yang berbeda-beda. Beberapa faktor yang dimaksud antara lain iklim, ketinggian daerah, unsur hara, sinar matahari, dan curah hujan. Selain itu, faktor-faktor pendukung menyerupai suhu, kondisi tanah, keadaan air, kelembaban udara, dan perlindungan tumbuhan juga turut andil dalam mendukung pertumbuhannya.

  1. Kondisi Tanaman

Suatu tumbuhan akan menghasilkan buah dikala kondisinya benar-benar sehat. Tanaman yang sedang terjangkit hama atau penyakit sangat kecil kemungkinannya untuk mengeluarkan buah.

Terdapat beberapa upaya untuk mempercepat pertumbuhan buah pada suatu tanaman. Di antaranya pemangkasan cabang, pelukaan batang, pengairan akar, tunjangan hormon, dan lain-lain. Kami akan mengupas teknik ini secara lengkap pada artikel selanjutnya.

Sementara itu, tumbuhan yang tidak berbuah biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor yang mencakup :

  1. Tanaman Masih Terlalu Muda

Apabila tumbuhan Anda tidak kunjung berbuah, bisa jadi memang usia tumbuhan tersebut masih terlalu muda sehingga belum mencapai batas waktu untuk menghasilkan buah. Setiap spesies tumbuhan mempunyai batas umur yang berbeda-beda dalam menghasilkan buah. Hal ini juga dipengaruhi oleh varietas dari tumbuhan tersebut.

  1. Pemberian Pupuk yang Berlebihan

Sesuatu yang dilakukan secara berlebihan memang tidak akan membuahkan hasil yang bagus. Begitu pula kalau Anda menawarkan pupuk cair organik kepada tumbuhan dengan takaran yang melampaui ambang batas, pasti tumbuhan justru akan tumbuh semakin rimbun. Pada akhirnya, tumbuhan yang terlalu lebat menjadikan tajuk tumbuhan tidak mendapat sinar matahari sehingga proses fotosintesis yang dilakukannya tidak maksimal. Hasil dari proses ini pun banyak didistribusikan untuk pertumbuhan daun, bukan bakal bunga.

  1. Tanaman Berbunga Tidak Sempurna

Tanaman yang mempunyai bunga tepat bisa menghasilkan buah sendiri lantaran dalam setiap pohon terdapat bunga jantan dan bunga betina sekaligus. Berbeda dengan tumbuhan yang mempunyai bunga tidak sempurna, dalam setiap pohon hanya terdapat bunga jantan atau bunga betina. Tanaman yang hanya mempunyai bunga jantan tentu saja hingga kapan pun tidak akan menghasilkan buah. Lain dengan tumbuhan yang hanya dilengkapi dengan bunga betina, tumbuhan ini akan berbuah apabila ada tumbuhan lain yang berbunga jantan di dekatnya. Dengan catatan kedua bunga tersebut harus mekar dalam waktu yang bersamaan.

  1. Tanaman dengan Karakteristik Khusus

Ada beberapa tumbuhan yang mempunyai karakteristik khusus. Tanaman tersebut hanya akan berbuah apabila unsur-unsur pendukungnya terpenuhi dengan baik. Misalnya pada tumbuhan alpukat lokal. Tanaman ini hanya mau menghasilkan bunga apabila mendapat sari bunga dari tumbuhan yang sejenis. Tanaman ini tidak akan mau berbunga kalau mendapat penyerbukan dari tumbuhan alpukat dari jenis yang lain.

  1. Tanaman Mengalami Kerusakan

Rusaknya tumbuhan juga bisa menciptakan suatu tumbuhan yang tadinya rajin berbuah enggan memunculkan bunga sama sekali. Hal ini biasanya dikarenakan tumbuhan tersebut mengalami mutasi gen. Pemberian rangsangan-rangsangan tertentu diklaim sanggup menyembuhkan kembali tumbuhan yang telah rusak.

  1. Bunga Terlanjur Gugur

Meskipun tumbuhan sudah bisa menghasilkan bunga, tetapi tidak menjamin tumbuhan tersebut sanggup membentuknya menjadi buah. Penyebabnya adalah bunga berguguran baik lantaran faktor internal maupun faktor eksternal. Bunga akan gampang gugur apabila tumbuhan tersebut kekurangan unsur nitrogen, kekurangan air, batang bawah kurang bagus, atau tumbuhan sedang terjangkit penyakit. Hujan yang terlalu deras, angin kencang, dan pemupukan yang berlebihan juga sanggup menjadikan bunga mengalami keguguran.