Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Pohon Karet Semoga Getahnya Banyak

Bagaimana cara merawat pohon karet biar getahnya banyak? Karet (Hevea brasiliensis) yaitu tumbuhan penghasil getah lateks alami. Tanaman karet termasuk anggota dari famili Euphorbiaceae di genus Hevea. Tanaman ini sanggup tumbuh sampai mencapai 15-25 meter dan berbatang cukup besar. Pohonnya tumbuh lurus serta memiliki percabangan yang tinggi di atas.

Daun karet terdiri atas tangkai daun utama dan tangkai anak daun. Ukuran panjang tangkai daun utamanya sekitar 3-20 cm dengan tangkai anak daun sekitar 3-10 cm. Bentuk anak daun karet tersebut yaitu eliptis, panjang dengan ujung yang meruncing, serta tepinya rata dan gundul. Sedangkan biji karet berukuran besar, kulitnya keras, dan berwarna cokelat kehitaman. Pohon karet memiliki sistem perakaran yang berjenis tunggang.

Bagaimana cara merawat pohon karet biar getahnya banyak Cara Merawat Pohon Karet biar Getahnya Banyak

Tingkat produktivitas pohon karet dipengaruhi oleh jarak tanaman, kerapatan tanaman, dan faktor-faktor lainnya. Tingkat kepadatan/kerapatan pohon karet yang ideal berkisar antara 400-500 pohon/hektar. Akibat yang ditimbulkan jikalau jarak dan kerapatan tumbuhan tidak sesuai antara lain kerusakan mahkota tajuk oleh angin, lebih gampang terkena penyakit, pertumbuhan tumbuhan lebih lambat, batang tumbuhan berukuran kerdil, dan hasil getahnya kurang maksimal.

Penyadapan getah yaitu langkah terpenting dalam membudidayakan tumbuhan karet. Proses ini dilakukan dengan membuka pembuluh getah pada kulit pohon sehingga getahnya cepat mengalir keluar. Kecepatan fatwa getah dipengaruhi oleh kandungan cairan getah yang tersimpan di dalam kulit. Pohon karet sanggup disadap untuk kali pertama dikala tingginya sudah mencapai 260 cm.

Pemupukan yang Sesuai

Proses pemupukan lahan harus dilakukan sesuai dengan tawaran dari dinas perkebunan setempat. Kenapa? Karena masing-masing tempat memiliki kondisi alam yang berbeda-beda. Ada tempat yang kekurangan kandungan natrium, tetapi ada pula tempat yang kekurangan unsur phosphor. Pelaksanaan pemupukan sangat penting sehingga pohon karet sanggup tumbuh subur dan memiliki batang yang kuat. Hal ini juga kuat besar terhadap jumlah getah yang bisa dihasilkannya.

Pemakaian Perangsang Getah

Kami merekomendasikan penggunaan perangsang alami daripada perangsang kimia, khususnya bagi Anda yang masih pemula dalam membudidayakan pohon karet. Sah-sah saja bila Anda berminat mencoba pemakaian obat perangsang getah karet buatan yang bagus. Adapun materi alami yang sanggup digunakan untuk merangsang peningkatan jumlah getah yang dihasilkan oleh tumbuhan karet yaitu bawang merah. Bawang merah bisa digunakan sebagai stimulator untuk meningkatkan produktivitas getah karet. Caranya yaitu gunakan ekstrak bawang merah yang telah diolah sedemikian rupa untuk melumuri batang karet yang akan disadap. Kami akan membahas proses pembuatan ekstrak bawang merah ini pada artikel selanjutnya.

Penyadapan yang Tepat

Teknik yang Anda lakukan untuk menyadap getah dari pohon karet menghipnotis secara eksklusif kondisi pembuluh getah pada tumbuhan tersebut. Bahkan kesalahan dalam menyadap bisa menjadikan pohon berhenti memproduksi getah. Disarankan mengerjakan proses penyadapan sekitar pukul 4-9 pagi. Mengapa semakin pagi proses penyadapan akan menghasilkan getah yang semakin banyak? Alasannya yakni tekanan turgor di dalam pohon karet di kala pagi hari masih tinggi. Tekanan turgor yang tinggi ini akan memicu keluarnya getah pohon karet dalam jumlah yang melimpah.