Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cangkok Tanaman Anggur

Bagaimana cara cangkok tumbuhan anggur? Anggur pada umumnya diperbanyak melalui cangkok. Dengan metode ini, bibit cangkok yang dihasilkan akan mempunyai sifat yang sama persis dengan tumbuhan induknya. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bilamana pencangkokan tumbuhan anggur dilakukan pada tumbuhan yang berasal dari varietas unggul.

Selain gampang dalam pengerjaannya, pembuatan bibit anggur memakai teknik cangkok juga terbilang cukup cepat. Begitu pula dengan pertumbuhan dari bibit tersebut, alasannya berasal dari cabang yang sudah berusia cukup tua, bibit anggur hasil cangkokkan lebih cepat menghasilkan buah dibandingkan dengan bibit yang berasal dari biji. Disarankan untuk mencangkok anggur pada awal trend penghujan sehingga bibit dapat menyesuaikan diri dengan baik.

Bagaimanakah cara mencangkok tumbuhan anggur yang benar?

 Anggur pada umumnya diperbanyak melalui cangkok Cara Cangkok Tanaman Anggur

Alat dan Bahan :

  • Tanaman anggur
  • Cutter
  • Polybag
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Serabut kelapa
  • Tali rafia

Langkah-langkah :

  1. Siapkan pohon anggur yang berasal dari varietas unggul. Tanaman semacam ini biasanya mempunyai daya tahan yang lebih dan tingkat produktivitas yang tinggi.
  2. Pilih cabang dari tumbuhan anggur yang telah berusia minimal setahun, berbentuk lurus, dan warnanya kecoklat-coklatan. Ada baiknya pilihlah cabang yang sudah berukuran minimal sebesar pensil.
  3. Setelah menemukan cabang yang memenuhi syarat di atas, kemudian pilihlah pecahan dari cabang tersebut yang terletak di antara dua ruas yang sudah mengandung kayu serta telah remaja untuk dicangkok.
  4. Gunakan cutter untuk mengupas kulit luar pecahan cabang yang dimaksud hingga ke lapisan kambiumnya. Kupasan ini dibentuk pada jarak 1-2 cm di bawah ruas dan mempunyai ukuran lebar sekitar 2 cm. Kemudian bersihkan semua lapisan kambium pada cabang tersebut hingga bersih. Proses ini sebaiknya dilaksanakan pada waktu pagi hari.
  5. Gunakanlah serabut kelapa yang higienis untuk membungkus tanah yang digunakan sebagai media cangkok. Media ini terbuat dari gabungan tanah halus dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2:1.
  6. Pembungkusan sayatan pada cabang anggur gres dapat dilakukan sehabis menunggu selama 2-4 hari biar bekasnya mengering terlebih dahulu. Caranya ialah tempelkan media cangkok menutupi seluruh sayatan cabang, kemudian bungkus memakai serabut kelapa. Ikatlah serabut ini memakai tali rafia pada pecahan atas dan bawahnya.
  7. Selama proses percangkokkan berlangsung, Anda perlu menyiram media cangkok untuk menjaga tingkat kelembabannya. Proses ini dilaksanakan kurang lebih selama sebulan.
  8. Ciri-ciri cangkok anggur yang Anda kerjakan berhasil yakni tumbuhnya akar pada cabang tersebut. Anda dapat memotong cabang ini dari tumbuhan induknya dan menggunakannya sebagai bibit anggur. Tanamlah bibit anggur tersebut di polybag yang telah berisi gabungan tanah dan pupuk sangkar sebagai media tanamnya.

Selamat mencoba!