Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyetek Tanaman Bunga Kertas

Bagaimana cara meyetek tumbuhan bunga kertas? bunga kertas (bougenville) yaitu tumbuhan hias yang termasuk dalam famili Nyctaginaceae. Tanaman ini berbentuk pohon kecil yang mempunyai daun rimbun. Daya tarik utamanya berasal seludang bunga/daun yang menyelubungi majemuk. Seludang ini berkelir cerah dan tampak berwarna-warni.

Bunga kertas sanggup dikembangbiakkan menggunakan teknik stek batang alasannya mempunyai kambium dan mengandung getah. Proses pengerjaannya yang sangat gampang menciptakan banyak orang bahagia memperbanyak tumbuhan dengan menggunakan metode ini. Sayangnya, potensi keberhasilan stek tidak terlalu tinggi. Penyebab kegagalan yang paling sering terjadi ialah berubahnya posisi batang tersebut, baik secara sengaja maupun tidak. Tingkat penguapan yang terlalu besar juga bisa mengakibatkan tumbuhan mengering.

Apakah Anda ingin menyetek tumbuhan bunga kertas sendiri? Jika iya, silakan ikuti panduan selengkapnya sebagai berikut!

Bagaimana cara meyetek tumbuhan bunga kertas Cara Menyetek Tanaman Bunga Kertas

Bahan-bahan yang diharapkan :

  • Tanaman bunga kertas (bougenville)
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Rotten-F
  • Air

Alat-alat yang dipakai :

  • Pisau cutter
  • Polybag/pot
  • Bilah bambu
  • Cetok

Langkah-langkah cara menyetek :

  1. Buat media tanam terlebih dahulu dengan cara mencampur tanah dan pupuk sangkar menggunakan perbandingan 2:1. Aduk menggunakan cetok biar bahan-bahan ini tercampur merata. Setelah dirasa sudah tercampur, Anda bisa memasukkan media tanam ini ke dalam pot/polybag. Biarkan media tanam tersebut selama 2-3 ahad biar kondisinya normal.
  2. Siapkan tanaman bunga kertas yang akan dijadikan indukan. Usahakan tumbuhan tersebut mempunyai kualitas yang unggul dan kondisinya sehat. Tentukan cabang tumbuhan yang akan dijadikan sebagai bibit stek. Disarankan menentukan cabang yang sudah berukuran cukup renta dan mempunyai diameter minimal 2-3 cm tergantung jenisnya.
  3. Potong cabang tumbuhan yang terpilih menggunakan pisau cutter. Pemotongan harus dilakukan secara menyerong. Sehingga pangkal cabang tersebut akan berbentuk runcing di salah satu sisinya.
  4. Tancapkan cabang bougenville tersebut ke dalam media tanam yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan cabang ini sanggup menembus sampai kedalaman 10 cm. Biar cabang tidak gampang bergoyang, Anda bisa menunjukkan pegangan menggunakan bilah bambu di sampingnya.
  5. Siramlah media tanam hanya dikala keadaannya sudah tampak hampir mengering. Jangan terlalu sering menyiram calon bibit stek ini alasannya justru sanggup mengakibatkan tumbuhan membusuk,
  6. Rotten-F bisa diberikan sesudah 2-3 hari semenjak penanaman cabang stek. Caranya cukup dengan menyiramkannya ke tumbuhan dengan takaran sesuai petunjuk di kemasan. Perlu diketahui, Rotten-F mempunyai kegunaan untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman.
  7. Pekerjaan Anda sudah terlihat berhasil dikala cabang bisa mengeluarkan tunas baru. Terus rawat cabang tersebut sampai berkembang menjadi tumbuhan yang sempurna. Tumbuhan yang diperbanyak melalui stek batang biasanya akan tumbuh subur sesudah usianya mencapai 1,5-3 bulan.