Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Stek Bunga Mawar Yang Paling Benar

Bagaimana cara stek bunga yang paling benar? Ada aneka macam orang yang menyukai mawar lantaran mempunyai keindahan yang beragam. Aroma amis yang dimilikinya pun sangat besar lengan berkuasa hingga semerbak ke seluruh taman. Selain ditanam pribadi di tanah, tumbuhan mawar juga bisa dipelihara dengan menggunakan pot dan polybag.

Karena batang yang berkayu, bunga mawar bisa diperbanyak menggunakan teknik stek. Stek ialah teknik perkembangbiakkan tumbuhan secara vegetatif/buatan yang dilakukan dengan memotong beberapa belahan tumbuhan menyerupai batang, tangkai, atau daun. Setelah dipotong dari tumbuhan indukan, belahan tumbuhan tadi lantas ditanamkan pada media tanam dengan cara menancapkannya.

Bagaimana cara stek bunga yang paling benar Begini Cara Stek Bunga Mawar yang Paling Benar

Pada dasarnya, cara menyetek bunga mawar itu sangatlah mudah. Biar semakin gampang, ikuti petunjuk dari kami berikut!

Alat dan materi :

  • Tanaman mawar dewasa
  • Cutter
  • Tanah
  • Pot
  • Pecahan genteng

Langkah-langkah :

  1. Pilih tangkai bunga mawar yang sudah cukup tua, kondisinya sehat, dan mempunyai bentuk yang lurus. Semakin besar diameter tangkai yang dipilih biasanya semakin tinggi pula cita-cita hidup tangkai tersebut.
  2. Potong tangkai tumbuhan mawar tadi kurang lebih berukuran 4-6 cm menggunakan cutter. Pastikan cutter yang digunakan cukup tajam biar hasil potongannya rapi dan tidak berserabut.
  3. Siapkan pot sebagai media pemeliharaan tanaman. Masukkan pecahan genteng secukupnya, kemudian tambahkan tanah hingga memenuhi volume pot. Tanah yang anggun mempunyai tekstur yang gembur dan berwarna kehitam-hitaman. Dalam masa awal ini, hindari penggunaan pupuk terlebih dahulu alasannya ialah sanggup menghambat pertumbuhan akar tumbuhan hasil stek.
  4. Tanamkan batang bibit stek bunga mawar dengan menancapkannya ke dalam tanah. Setelah itu, siram tumbuhan tersebut secukupnya untuk melembabkan media tanam. Pindahkan pot tadi ke daerah yang sejuk serta terhindar dari sinar matahari dan air hujan secara langsung.
  5. Perhatikan pertumbuhan stek tumbuhan bunga mawar. Jika stek tersebut sudah bisa menghasilkan tunas yang gres artinya tumbuhan sudah tumbuh dengan baik. Selanjutnya Anda bisa memindahkan pot ke lingkungan yang terbuka. Usahakan tumbuhan mawar tersebut bisa mendapat cahaya matahari agar rajin berbunga.