Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Menanam Bunga Azalea Semoga Tumbuh Subur

Bagaimana tips menanam bunga azalea semoga tumbuh subur? Tumbuhan azalea dikenal juga dengan nama bunga saliyah. Sekilas tumbuhan ini terlihat menyerupai sekali dengan bougenville. Bedanya azalea sanggup menyerap polusi udara sehingga ideal sekali ditanam di pekarangan rumah.
Azalea ialah tumbuhan berbunga yang berasal dari keluarga Ericaceae atau pinang-pinangan. Berbeda dengan kaktus, tumbuhan ini sanggup tumbuh dengan baik di kawasan yang beriklim sub-tropis menyerupai Asia Timur dan Amerika Utara. Bunga azalea mekar di bulan Juni dengan warna merah, putih, pink, ungu, dan kuning.
Cermati trik-trik menanam tumbuhan azalea ala berikut ini :
1. Gunakan Media Tanam yang Bersifat Asam
Pada dasarnya, tumbuhan azalea sanggup hidup tepat di media tanam yang bersifat asam dengan pH berkisar antara 4,5 hingga 5,5. Usahakan media tanam yang dipakai bersifat porous semoga tingkat kelembabannya tetap terjaga. Komposisi media tanam yang paling baik berupa adonan pasir halus, humus, dan mos dengan perbandingan 1:1:1.
2. Tanam di Tempat Beraliran Udara Sejuk
Karena di habitat aslinya tumbuhan ini hidup di kawasan sub-tropis, tidak heran azalea kurang menyukai terpaan sinar matahari langsung. Terik matahari akan menciptakan tumbuhan ini mengalami kekeringan sehingga menggugurkan daunnya untuk mengurangi tingkat penguapan. Di sisi lain, azalea justru sanggup tumbuh secara normal apabila ditanam di tempat yang beraliran udara sejuk.
3. Siram Tanaman Setiap Pagi
Untuk mempertahankan tingkat kelembaban media tanam, disarankan melaksanakan penyiraman tumbuhan setiap hari. Waktu yang paling tepat untuk menyiram azalea ialah ketika pagi hari, antara pukul 6 hingga 9 pagi. Proses penyiraman tumbuhan dilakukan secukupnya, tanpa menciptakan media tanam tergenangi air dan terlalu lembab.
4. Agar Tumbuhan Berbunga
Untuk merangsang tumbuhan azalea menghasilkan bunga, anda sanggup memindahkan tumbuhan ini ke pot berukuran kecil. Selain itu, sanggup juga dengan menunjukkan pupuk yang mempunyai kandungan fosfor tinggi. Direkomendasikan untuk memupuk tumbuhan setiap dua ahad sekali menggunakan pupuk full bloom berkonsentrasi 2-4 liter.
5. Pemberantasan Hama dan Penyakit
Pemberantasan hama dan penyakit wajib dilakukan secara terencana supaya tumbuhan azalea tumbuh secara sehat. Anda sanggup menanggulangi gangguan-gangguan ini dengan memanfaatkan insektisida atau fungsida sesuai tanda-tanda yang muncul. Bagian-bagian tumbuhan azalea yang berpenyakit juga sebaiknya dipangkas semoga tidak menyebar luas.