Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Biar Pohon Mangga Berbuah Lebat Dan Banyak

Bagaimana caranya semoga pohon mangga bisa berbuah lebat? Pohon mangga ialah pohon yang gampang ditanam. Perawatan pohon ini pun tidak begitu sulit. Sifatnya yang pembangkang terhadap hama dan penyakit juga menciptakan pohon ini kerap dijadikan sebagai penghias halaman rumah. Apalagi pohon mangga juga sanggup menghasilkan buah yang berukuran besar dengan nilai hemat tinggi.
Tapi tahukah anda, kalau dipelihara dengan metode yang tepat, pohon mangga sanggup menghasilkan buah yang lebih lebat. Jika biasanya pohon yang anda miliki hanya berbuah sedikit, maka dengan memberikannya perlakuan khusus akan merangsang pohon tersebut untuk menghasilkan buah mangga yang banyak. Silahkan mencoba ketiga tips rekomendasi dari kami berikut ini :
1. Pemangkasan Cabang Pohon Selepas Pemanenan
Metode pertama yang bisa anda lakukan untuk memicu pohon mangga berbuah lebat ialah memangkas kepingan cabang dan ranting pohonnya secara periodik. Sama ibarat klarifikasi di sini, tujuan dari pemangkasan yaitu semoga pohon tersebut mempunyai bentuk yang proporsional dan dipenuhi cabang-cabang muda yang siap berproduksi. Pemangkasan dilakukan pada kepingan cabang yang sudah tidak produktif, berusia tua, berpenyakit, dan tumbuh tidak normal. Pemangkasan sebaiknya dikerjakan setiap kali akibat masa panen pohon mangga.
2. Penaburan Kapur Pertanian atau Dolomit
Dolomit atau kapur pertanian berfungsi untuk meningkatkan tingkat keasaman tanah. Perlu diketahui, salah satu faktor penyebab rendahnya buah yang dihasilkan pohon mangga ialah sifat media tanamnya bermetamorfosis asam dan tidak ideal. Untuk itu, supaya kondisi tanah menjadi normal kembali, cobalah menaburkan dolomit di sekeliling pokok batang utama. Dosis yang dianjurkan ialah 0,25 kg untuk setiap pohon atau sesuai dengan karakteristik media tanam yang digunakan. Hindari memperlihatkan dolomit dalam jumlah yang besar alasannya ialah malah akan mematikan pohon itu sendiri.
3. Pemberian Pupuk NPK Secara Rutin
Pohon mangga memerlukan nutrisi yang banyak untuk sanggup menghasilkan buah-buah yang lebat. Di samping pupuk kompos, salah satu pupuk yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman sekaligus merangsangnya semoga cepat berbuah ialah pupuk NPK. Pemberian pupuk ini biasanya dilakukan dikala 15 hari sehabis penaburan dolomit dengan takaran sebanyak 0,25 kg/pohon. Jangan lupa, siramlah pohon mangga setiap 2 kali sehari semoga perembesan nutrisi pupuknya berlangsung lebih maksimal. Pemupukan ulang bisa dilakukan pada 2 bulan ke depan menggunakan takaran yang sama dan tanpa diawali dengan pengapuran.
Percayalah, ketiga metode di atas sangat efektif untuk memicu pohon mangga supaya bisa berbuah lebat.